Kenapa Tiket ke Jepang Lebih Mahal Belakangan Ini?

Wisata di Kota Tokyo, Jepang.
Sumber :
  • VIVA/Syahrino Putama

JAKARTA – Jepang menjadi salah satu destinasi favorit berlibur masyarakat tanah air. Berdasarkan data Japan National Tourism Organization hingga Juni 2023, jumlah wisatawan asal Indonesia ke Jepang mencapai 200 ribu wisatawan

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Bahkan data dari agen tour and travel Dwidayatour Jepang masuk menjadi top destinasi pilihan masyarakat tanah air untuk berlibur.

“Tren permintaan selama Dwidaya carnival Jepang, Korea, Eropa,” kata Chief Operation Officer Dwidaya, Hendri Yapto kepada awak media saat ditemui di kawasan Senayan Jakarta Pusat, Selasa 12 September 2023.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Namun di sisi lain tiket penerbangan ke Jepang sendiri semenjak dibukanya kembali pintu border untuk wisatawan asing pada akhir 2022 lalu masih cukup tinggi. Bahkan tiket pulang pergi ke Jepang jauh lebih mahal dibandingkan sebelum pandemi dan bahkan lebih mahal dibandingkan dengan tiket penerbangan ke Korea Selatan.

Bunga sakura di Tokyo, Jepang

Photo :
  • Pixabay
Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Lantas mengapa demikian? Terkait hal itu Hendri menyebut lantaran kapasitas maskapai dari Jakarta ke liar negeri belum berlangsung normal dibandingkan dengan sebelum pandemi COVID-19. Hal ini tidak diimbangi dengan demand atau permintaan.

“Kapasitas airlines yang ke luar belum normal ditambah dengan demand yang tinggi dibanding dengan Korea,” jelas dia.

Tak hanya itu saja, Hendri menyebut bahwa tingginya demand wisatawan Indonesia ke Jepang juga dipengaruhi dengan wisata yang ditawarkan di negara matahari terbit tersebut. Mulai dari anime hingga budaya yang ditawarkan di sana.  

“Jepang harus dikunjungi beberapa kali. Nanti kalau pergi Desember ke Hokkaido untuk merasakan pengalaman ski, kalau April ada Sakura,” kata dia.

Tak hanya itu saja, alasan lain yang membuat masyarakat Indonesia berkunjung ke Jepang lebih dari satu kali lantaran ada banyak beberapa destinasi menarik untuk wisatawan kunjungi ke Jepang. Misalnya saja Kyoto yang saat ini tengah populer 

“Umumnya wisatawan ke Jepang itu ke Tokyo. Sekarang Jepang, populer Kyoto variasi cukup banyak. Apalagi ada anime,” kata dia. 

Gelar pameran travel

Kembali meningkatnya keinginan kembali untuk traveling, Dwidaya kembali menggelar Dwidaya Carnival yang digelar di Jakarta Kamis pekan ini hingga Minggu di Gandaria City dan Pekanbaru pada Jumat pekan ini. Untuk tiket pesawat ke Jepang seharga Rp 5,6 juta PP. Selain itu ada penawaran menarik lainnya berupa harga khusus untuk JR Pass yakni Rp 2,9 juta untuk 7 hari (harga tiket dewasa).

Selain itu tiket penerbangan Korea PP Rp 5 juta. Singapura Rp 1,4 juta dan Amerika yakni Rp 10 juta PP menggunakan maskapai Eva Air.

Ada juga promo tiket beli 1 gratis 1 kapal pesiar. Jaminan harga hotel terendah (apabila terdapat harga hotel lebih murah dibanding harga hotel yanh sama pada Dwidayatour Carnival maka selisih harga akan diganti 2 kali lipat oleh Dwidayatour). Diskon hotel. Hingga 70 persen hingga flash sale beli cruise dengan harga ekstra miring dan hotel bintang lika dimulai Rp 500 ribu. Paket tour lengkap ke Jepang, Korea Selatan, Hong Kong, Turki, Australia, hingga harga tiket domestik yang lebih hemat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya