Indahnya Pesona Alam Taman Posong, Tempat Terbaik Lihat Golden Sunrise di Temanggung

Wisata Alam Taman Posong, Temanggung, Jawa Tengah
Sumber :
  • Instagram @tamanwisata_posong

Temanggung – Ternyata Temanggung, Jawa Tengah memiliki wisata alam yang indah banget. Salah satunya yaitu Taman Posong. Wisata alam ini merupakan salah satu tempat wisata unggulan yang ada di Temanggung, Jawa Tengah.

Elektabilitas Irjen Ahmad Luthfi Tertinggi di Pilgub Jateng

Bahkan, jika wisatawan mengunjungi saat musim cerah, bisa melihat tujuh gunung indah di sekitar Taman Posong. Seperti apa pesonanya? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Daya tarik

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

Wisata Alam Taman Posong, Temanggung, Jawa Tengah

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Lokasi Taman Posong ini berada di kaki gunung Sindoro. Maka tak heran jika suhu udara di sini cukup dingin. Bahkan pernah berada di 9 derajat celcius. 

Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi

Saat VIVA berkunjung ke Taman Posong beberapa hari yang lalu, cuaca cukup cerah dan udaranya sejuk. Namun sayang, tidak bisa melihat Golden Sunrise karena tertutup kabut.

VIVA juga sempat wawancara dengan Direksi Taman Posong, Luthfi Naufal Hartanto. Kata dia, jika wisatawan beruntung datang ke lokasi dan cuaca sangat cerah, pengunjung bisa melihat gunung lainnya selain gunung Sindoro. Gunung tersebut di antaranya gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, dan Gunung Ungaran.

Karena Golden Sunrise biasanya mulai pukul 05.30 WIB, maka pengunjung harus sudah naik ke atas mulai pukul 04.00 WIB agar bisa melihat indahnya Sunrise di Taman Posong.

Camping 

Wisata Alam Taman Posong, Temanggung, Jawa Tengah

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Buat kamu yang ingin camping bisa banget. Ada beberapa paket yang bisa kamu pilih. Misalnya saja untuk camp family dengan full service biayanya Rp1.200.00 per tenda. Fasilitasnya sudah termasuk tenda, tiket, perlengkapan camping, penerangan, api unggun, snack minum, makan 1 kali, dan charger.

Sementara untuk yang ekonomi biaya per tenda sebesar Rp700 ribu. Fasilitasnya ada tenda, tiket, perlengkapan camping, penerangan dan charger. Untuk camp family ini kapasitasnya 6-7 orang.

Untuk paket full service lainnya, per orang dikenakan biaya Rp150 ribu dengan fasilitas tenda, tiket, perlengkapan camping, penerangan, api unggun, snack minum dan makan satu kali. Untuk paket ini minimal 10 orang.

Sementara untuk paket ekonomi juga minimal 10 orang dengan biaya per orang Rp80 ribu. Fasilitasnya ada tenda, tiket, perlengkapan camping, dan penerangan. Untuk paket biasa juga minimal 10 orang dengan biaya Rp60 ribu per orang. Fasilitas yang di dapat hanya area camping dan tiket.

Pemesanan bisa melalui DM Instagram @tamanwisata_posong. Pemesanan paling lambat h-3 hari sebelumnya. Uang muka (DP) minimal 50 persen. Chek in di atas jam 14.00 wib, dan check out jam 11 wib.

Untuk penambahan biaya api unggun sebesar Rp50 ribu. Penambahan makan dan snack bisa request dengan harga yang menyesuaikan. Sementara penjagaan 24 jam. Yang perlu diperhatikan, dilarang untuk membawa makanan dari luar tempat wisata ini ya.

Harga tiket

Wisata Alam Taman Posong, Temanggung, Jawa Tengah

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Buat wisatawan yang hanya sekedar ingin menikmati suasana indahnya Taman Posong, tiket per orang sebesar Rp20 ribu. Untuk parkir mobil Rp10 ribu dan parkir motor Rp5 ribu. 

Di sekitar tempat ini terdapat tanaman tembakau. Saat musim panen tembakau, pengunjung diharapkan parkir di bawah. Dari bawah bisa menggunakan ojek yang tersedia. Ojek naik ke atas Rp20 ribu dan turun Rp15 ribu.

“Pengguna mobil parkir di bawah, naik pakai ojek Rp20 ribu per orang, turunya Rp15 ribu per orang. Panen raya di pertengahan Agustus sampai pertengahan Oktober,” ungkap Naufal, direksi Taman Posong.

Saat tidak musim panen, mobil maupun motor bisa naik sampai ke atas. Parkir motor di atas bisa muat 100 motor lebih. Sementara mobil sekitar 40.

Lokasi dan Akses Menuju Wisata Alam Posong

Gunung Sumbing, Temanggung, Jawa Tengah

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Lokasi Taman Posong berada di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Jika kamu berencana untuk mengunjungi Wisata Alam Posong, terdapat beragam cara yang bisa kamu pilih, baik dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Lokasi Posong bisa diakses dari beberapa kota besar di Jawa Tengah, termasuk Semarang, Solo, dan Purwokerto.

Jika kamu memulai perjalanan dari Semarang atau Solo, kamu bisa naik bus dengan rute Magelang/Temanggung ke Wonosobo. Sebaliknya, jika berangkat dari Purwokerto, kamu bisa naik bus dengan rute Wonosobo ke Magelang/Temanggung.

Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi dan memulai perjalanan dari Temanggung, arahkan kendaraan kamu mengikuti jalan utama ke arah Wonosobo. Kamu akan menemukan destinasi di sisi kanan jalan setelah melewati Jembatan Sigandul. Sementara itu, bagi yang datang dari Wonosobo, Posong berada di sisi kiri setelah melewati SPBU Kledung.

Untuk mempermudah petunjuk, kamu akan menemukan beberapa tanda di sepanjang jalan raya dekat Posong. Namun, perlu dicatat bahwa petunjuk arah tersebut relatif kecil dan terletak di dekat tikungan, sehingga kamu perlu berhati-hati.

Setelah meninggalkan jalan raya, kamu akan menempuh jarak sekitar 3,5 Km menuju Taman Posong. Penting untuk diingat bahwa jalan menuju ke sana cukup menanjak dan didominasi oleh jalanan yang sempit dengan permukaan jalan batu.

Itulah informasi seputar wisata alam Taman Posong yang ada di Temanggung, Jawa Tengah. Pastikan untuk kendaraan yang kamu gunakan sudah di service ya, agar kuat untuk menanjak. Selain itu, perhatikan kebersihan lokasi wisata agar tetap indah, dan nyaman. Selamat berlibur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya