Wisata Alam Embung Kledung, Indahnya Pemandangan ‘Gunung Fuji’ Indonesia

Wisata alam Embung Kledung
Sumber :
  • Instagram @bahterazar

Temanggung – Wisata alam Embung Kledung juga menjadi salah satu wisata unggulan di Temanggung, Jawa Tengah. Banyak pengunjung yang bilang jika pemandangan di sini seperti melihat gunung Fuji yang berada di Jepang.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

Seperti apa pesona alam Embung Kledung? Dan di mana lokasinya? Simak informasi selengkapnya dalam artikel di bawah ini.

Pesona Embung Kledung

Ribuan Orang di Brebes Rayakan Kemenangan Indonesia U-23

Wisata alam Embung Kledung

Photo :
  • Istimewa

Beberapa hari yang lalu, VIVA berkesempatan mengunjungi wisata alam Embung Kledung yang ada di Temanggung, Jawa Tengah. Ini merupakan salah satu wisata unggulan yang ada di Temanggung. Embung Kledung ini diapit oleh dua gunung, yakni gunung Sindoro dan gunung Sumbing. Udara di sana sangat sejuk. Sudah siang pun udaranya masih sejuk.

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Ketika berbincang dengan salah satu anggota pengurus Taruna Embung Kledung sekaligus admin promosinya, Nur Rohman mengatakan jika pemandangan di Embung Kledung ini seperti pemandangan gunung Fuji yang berada di Jepang.

Nur Rohman mengatakan, pengunjung yang datang ke sini biasanya untuk melihat sunrise. Di sini wisatawan bisa melihat pemandangan gunung lainnya yang menakjubkan jika cuaca mendukung, yakni gunung Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, dan Gunung Ungaran. 

Harga tiket dan camping

Wisata alam Embung Kledung

Photo :
  • Istimewa

Harga tiket masuk ke wisata alam ini hanya Rp7 ribu saja. Sementara wisatawan yang ingin camping, per orang dikenakan biaya Rp15 ribu.

Paket camping dua orang dikenakan biaya Rp150 ribu, dengan fasilitas 2 sleeping bag, 2 matras, area camping dan lampu senter. Untuk paket tiga orang dikenakan biaya Rp190 ribu dengan fasilitas tenda camping, 3 sleeping bag, 3 matras, area camping, dan lampu senter. 

Sementara untuk paket empat orang dikenakan biaya Rp220 ribu dengan fasilitas tenda camping yang muat empat orang, sleeping bag, matras, area camping, dan lampu senter.

Perlu diingat bagi wisatawan yang ingin camping untuk membawa tanda pengenal. Selain itu, untuk booking tempat harus membayar uang muka atau DP (down payment) terlebih dahulu.

Selain itu, di sana juga menyewakan untuk peralatan camping. Tenda camping dengan kapasitas empat orang yaitu Rp60 ribu, sleeping bag Rp15 ribu, matras Rp10 ribu, kompor Rp10 ribu, nesting Rp10 ribu, gas Rp15 ribu, lampu Rp10 ribu, kayu bakar Rp15 ribu, dan booking tempat Rp20 ribu. Tiket masuk untuk camping ini belum termasuk makan.

Nur Rohman mengatakan, wisatawan yang sudah berkunjung ke Embung Kledung selain masyarakat lokal, ada juga pengunjung lain seperti Jakarta, Kalimantan, Surabaya. Sementara pengunjung paling banyak yaitu dari Jogjakarta dan Semarang. 

Untuk wisatawan luar yang sudah pernah berkunjung ke tempat wisata alam ini ada yang dari Jepang dan Cina. Namun tidak begitu.

Lokasi

Wisata alam Embung Kledung

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Lokasinya wisata ini berada di Jl. Raya Parakan-Wonosobo KM.12,Desa Tlahab, Kecematan Kledung Parakan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. 

Jam operasional ini buka selama 24 jam, sebab ada pengunjung yang camping di sana. 

Itulah informasi seputar wisata alam Embung Kledung. Yuk liburan ke Embung Kledung yang berada di Temanggung, dijamin puas karena pemandangan menakjubkan dengan udara yang menyejukkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya