Menapaki Lima Jembatan Memukau di Dunia

The Oresund Bridge
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Uniknya Jembatan dari Tumpukan Kertas di China
- Jembatan mungkin bukan salah satu tujuan orang ingin lihat, saat mengunjungi sebuah negara di dunia. Namun, siapa sangka, jembatan di beberapa negara di dunia punya keunikan sendiri, dengan bentuk dan disain arsitekturnya.

50 Anjing Bunuh Diri di Jembatan Ini Gara-gara Hantu?

Jembatan merupakan suatu sarana yang dibangun dengan tujuan untuk menghubungkan satu tempat dengan tempat lainnya yang dipisahkan oleh sungai, atau jalan raya.

Penasaran, jembatan mana sajakah itu? Berikut ini VIVA.co.id merangkum beberapa jembatan menarik di dunia menurut laman Hello Travel.

The Magdeburg Water Bridge


Pemandangan pertama dari jembatan Magdeburg di Jerman, tampaknya terlihat biasa, tetapi jika dilihat lebih dekat Anda akan terpukau akan keindahan jembatan ini. Jembatan air ini, sebenarnya membentuk persimpangan air yang bisa dikatakan persimpangan air terbesar di Eropa.

Bisa dikatakan, jembatan terbesar air di dunia ini memiliki jarak 106 meter antara tiang dan terdiri 24 ribu ton baja, serta 68 ribu meter kubik isian beton. Statistik vital jembatan ini adalah panjang 918 meter, dengan lebar 34 meter dan kedalaman 4,25 meter.

Jembatan Air Magdeburg dibangun untuk menghubungkan antara Kanal Elbe-Habel dan Mittellandkanal di atas Sungai Elbe, dengan tujuan untuk mengurangi gangguan akibat perbedaan level air antara dua kanal dan Sungai Elbe.

Konstruksi Jembatan Magdeburg dibangun sejak 1930 di masa Perang Dunia II, dan sempat terbengkalai hingga 1997. Jembatan Magdeburg dibangun dengan berdasarkan konsep buoyancy, sebuah hukum fisika yang memungkinkan jembatan tetap menerima tekanan yang sama, meskipun perahu motor yang melintas di jembatan air memiliki muatan yang berbeda.

The Millau Viaduct di Perancis

Jembatan Millau Viaduct yang terletak di Prancis Selatan, dengan titik tertinggi 1125 kaki dari permukaan tanah dirancang oleh arsitek Norman Fraser dan insinyur bangunan Michael Virlogeux. Untuk membangun jembatan ini, sang arsitek memerlukan waktu sekitar 17 tahun.

Pengunjung dapat menikmati gabungan antara keindahan estetik jembatan dengan pemandangan ladang dan sungai yang mengalir di tengah-tengahnya. Sensasi lainnya, jika Anda berkendara di atas jembatan Millau Viaduct di musim gugur, Anda akan merasakan sensasi seolah sedang melayang di angkasa karena ladang dan sungai tertutup kabut tebal.

Jembatan ini merupakan kebanggan bagi masyarakat Perancis, karena kemegahannya. Jembatan Millau Viaduct menghubungkan Paris dengan Perpignan. Jembatan ini dilengkapi teknologi laser terbaru dan modern, GPS, mantel permukaan spesifik yang unik untuk konstruksi dan teknologi beton kinerja tinggi. Panjang jembatan ini adalah 2.460 meter dan lebar 32 meter dengan titik tertiinggi 343 meter.

Unik, Amerika Bangun Jembatan Khusus Tupai



The Oresund Bridge

Merupakan jembatan menakjubkan dalam arti sebenarnya untuk menjembatani kesenjangan antara Kopenhagen di Denmark dan Malmo di Swedia. Jembatan ini, tampaknya menjadi labirin yang khas sebagai jalan raya 4 jalur dan dua jalur kereta api yang terpanjang di Eropa.

Di ujung jembatan ini di sisi Denmark, dibuat pulau buatan, Peberholm. Jadi, ujung jembatan ini di Denmark, terhenti di Peberholm. Pulau ini mempunyai panjang dan lebar kurang lebih 4.000 dan 500 meter persegi.

Di Peberholm, jalan raya dan rel kereta api-nya akan masuk ke Drogden Tunnel, terowongan yang nantinya menembus daratan dan lautan ke Copenhagen. Terowongan ini terbentang sepanjang 4050 meter.

Jembatan Oresund menampilkan keindahan yang luar biasa yang tampaknya ditemukan pada jembatan lainnya. Pandangan udara jembatan ini melambangkan tampilan ramp ski yang sangat menakjubkan.

Hangzhou Bay Bridge, Cina


Hangzhou Bay Bridge ini merupakan jembatan air terpanjang ketiga di dunia yang berada di atas air sekitar 22,17 kilometer. Jembatan jalan raya panjang dengan bagian kabel tunggal di Hangzhou Bay di wilayah pesisir timur Cina. Jembatan ini menghubungkan kota Jiaxing dan Ningbo di provinsi Zhejiang.

Memiliki panjang 35,673 kilo meter, Hangzhou Bay Bridge adalah salah satu trans-samudera jembatan terpanjang di dunia.

Pembangunan jembatan ini memang menjembatani jarak antara Shanghai dan Ninbo membuat mereka salah satu zona ekonomi paling maju. Jembatan Hangzhou sangatlah membanggakan, sebab memiliki enam jalur tol berjalan dalam dua arah yang berbeda dan tujuan dasar dari jembatan ini adalah untuk mengurangi kemacetan lalu lintas. Jembatan itu dibangun dalam bentuk seperti naga perak.

Henderson Waves, Singapura


Bertengger di ketinggian 36 meter, atau setara dengan gedung 12 lantai, jembatan ini dikatakan sebagai jembatan penyeberangan tertinggi di Singapura. Panjang jembatan ini sekitar 300 meter.

Jembatan ini bisa jadi contoh tentang pemikiran out of the box yang diterapkan di bidang arsitektur. Ide tentang pembuatan desain unik pada jembatan dapat dengan mudah dikembangkan para perancang, karena Henderson Waves Bridge adalah jembatan penyeberangan untuk pejalan kaki, sehingga para perancang tak perlu memikirkan tentang kekuatan struktur jembatan.

Sebagai gantinya mereka mengutamakan kenyamanan pengunjung dengan membangun sebuah jembatan penyeberangan yang memungkinkan penggunanya untuk menikmati suasana dan kemilau lampu-lampu kota Singapura di malam hari. Jembatan setinggi 188 kaki dari permukaan tanah ini dibangun dengan menggunakan kayu balau yang tahan di segala jenis cuaca. (asp)

![vivamore="
Baca Juga
:"][/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya