Seperti Kereta, Bus Ini Berjalan di Atas Rel

Bus Berjalan di Atas Rel
Sumber :
  • Amusing Planet
VIVA.co.id
Pesona Pantai Pandawa yang Menggoda
- Jalur bus atau busway biasanya berada di atas aspal, seperti jalan pada umumnya. Namun bagaimana bila bus punya jalur layaknya kereta dengan rel yang terbuat dari beton? Anda bisa menemukannya di Inggris.

5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda

Perjalanan antara Cambridge, Huntingdon dan St Ives di daerah Inggris Cambridgeshire, memiliki layanan bus khusus melalui rute khusus yang terdiri dari dua rel beton sempit.
Menikmati Liburan Nyaman di Kapal Pesiar


Seperti kereta api, bus ini berjalan dengan setiap set roda di atas rel paralel. Meski terlihat sempit, namun bus ini bisa memacu kecepatan mencapai 90 km per jam. Bagian yang unik adalah, pengemudi tidak memegang kemudi.


Melansir dari
Amusing Planet,
bus ini dipandu dengan menggabungkan unsur-unsur bus dan kereta api untuk memiliki transportasi baru yang lebih cepat dari bus biasanya. Ini karena bus tersebut tidak harus berbagi jalan umum padat, dan lebih murah daripada rel.


Bus dilengkapi dengan panduan-roda khusus yang melibatkan pembatasan vertikal pendek di kedua sisi guideway tersebut. Roda panduan ini mendorong mekanisme kemudi bus, menjaganya agar tetap berpusat di trek. Di jalan normal, bus berperilaku seperti bus reguler dan mengarahkan dengan cara biasa.


Bus yang dipandu ini sebagian besar ada di Inggris. Hanya ada beberapa contoh seperti di luar Inggris - satu di Jepang (Yutorto Line, Nagoya), dan satu lagi di Australia (O-Bahn Busway, Adelaide), dan busway eksperimental di Essen, Jerman.


Busway dipandu pertama di Inggris adalah di Birmingham, dicap sebagai Tracline 65. Itu adalah 600 meter yang track percobaan panjang yang beroperasi antara tahun 1984 dan 1987. Saat ini, ada setidaknya tujuh busway dipandu utama di Inggris dan beberapa lebih pendek yang banyak berada dalam tahap perencanaan.


Di Mannheim, Jerman, 1992-2005 sebuah busway dipandu berbagi keselarasan trem untuk beberapa ratus meter, yang memungkinkan bus untuk menghindari peregangan padat jalan di mana ada tidak ada ruang untuk jalur lalu lintas tambahan. Itu dihentikan karena mayoritas bus dilengkapi dengan roda panduan ditarik karena alasan usia.


The Cambridgeshire Dipandu Busway, dibuka pada Agustus 2011, adalah busway terpanjang dipandu di dunia pada 25 km panjang. Sebelum itu, 12 kilometer panjang O-Bahn di Adelaide, yang dibuka pada tahun 1989, adalah yang terpanjang.


The Cambridgeshire Dipandu Busway sukses sehingga 2,5 juta perjalanan dilakukan pada tahun pertama itu sendiri - 750.000 lebih dari yang diperkirakan. Menurut County Council Cambridgeshire, 24 persen telah beralih ke busway setelah melakukan perjalanan yang sama dengan mobil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya