Merasakan Panasnya Air di Dalam Kawah 16 Meter

Homestead Caldera, Midway, Utah, Amerika Serikat
Sumber :
  • homesteadresort

VIVA.co.id – Homestead Caldera dikenal secara lokal sebagai The Crater, adalah air panas alami yang tersembunyi di dalam batu kapur berbentuk sarang lebah di Midway, Utah sedalam 55 kaki atau sekitar 16,7 meter. Sementara itu, untuk kedalaman air yang berada di kawah sekitar 20 meter, dan ini merupakan satu-satunya situs scuba diving di dataran Amerika Serikat.

Danau Toba Akhirnya Masuk Global Geopark UNESCO

Sebelum tahun 1996, mereka yang ingin berendam di air hangat yang kaya mineral harus melalui lubang bagian atas. Barulah pada 1996, sebuah terowongan dibuat untuk memudahkan orang menikmati air panas.

Dilansir laman Amusing Planet, kawah kubah ini terbentuk sekitar 10.000 tahun yang lalu oleh pengendapan mineral, terutama kalsium, yang menghasilkan batu berpori yang sangat umum di daerah Midway. 

Resort Supermewah Seharga Rumah, Ada Lapangan Basketnya

Studi menunjukkan bahwa hujan dan salju yang mencair di pegunungan Wasatch terdekat meresap ke dalam tanah, turun sepanjang retakan dan patahan sampai kedalaman satu hingga dua mil untuk dapat memanaskan bagian dalam The Crater. 

Hari ini, air yang kaya mineral disalurkan keluar dari kawah, sehingga kubah tidak lagi tumbuh. Karena air terus berubah, seperti yang keluar, suhu tetap stabil pada 35,5 celsius. Bahkan dari bawah, penyelam bisa melihat awan di langit melalui lubang di bagian atas.

Robot Bandara Ini Bakal Mengangkut Koper Anda Sepanjang Bandara
Danau Toba

Geopark Kaldera Toba, Situs Diakui UNESCO yang Miliki Ragam Aktivitas Wisata

Sebagai salah satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), Danau Toba benar-benar mempesona dengan keindahan alam dan kekayaan budaya masyarakatnya.

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024