Suka Liburan ke Luar Negeri, Cek Aturan Perpanjang Paspor

Ilustrasi travelling dan paspor
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Memasuki awal tahun, setiap orang selalu memiliki rencana yang akan dilakukan selama satu tahun. Hal itu, termasuk rencana untuk traveling. Tidak sedikit, dari masyarakat dunia memiliki rencana untuk berlibur ke luar negeri.

Enggak Sengaja Masuk Box Paket, Galena Traveling 804 Km

Namun, sebelum Anda memesan tiket pesawat untuk mengunjungi destinasi yang dituju, ada hal penting yang harus menjadi perhatian. Salah satunya, periksa masa berlaku paspor Anda.

Mengingat masa berlaku paspor yang cukup lama, sehingga mudah untuk melupakan kapan tepatnya perlu diperbaharui, terutama jika Anda tidak sering menggunakannya. Jangan sampai Anda terlupa dan akhirnya menyulitkan Anda saat berpergian.

Rusia Izinkan Foto Muslimah Berhijab untuk Paspor

Dilansir laman Travel and Leisure, Rabu 10 Januari 2018, penting untuk memastikan bahwa dokumen perjalanan Anda berlaku paling tidak enam bulan sebelum tanggal perjalanan internasional yang direncanakan. Sedangkan di Amerika, mengizinkan pelancong menggunakan paspor hingga tanggal yang tepat tercantum di halaman depan.

Hal itu pun tidak bisa berlaku, jika Anda menuju ke Eropa. Jika Anda ke sana, paspor Anda harus berlaku enam bulan lagi di luar perjalanan Anda.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Jika Anda ingin melihat keindahan alam Selandia Baru, paspor Anda harus berlaku selama satu bulan lagi sebelum perjalanan Anda. Ini berlaku pula, jika Anda ingin menghabiskan seminggu menikmati indahnya pantai di Thailand. Meskipun beberapa negara memiliki persyaratan yang lebih fleksibel, akan lebih baik persiapkan paspor agar lebih aman.

Anda dapat memeriksa situs web Departemen Luar Negeri untuk persyaratan khusus untuk berbagai negara.

Jadi jika paspor Anda sudah hampir habis, jangan menunggu lagi, mulai prosesnya sekarang. Memperbaharui paspor bisa memakan waktu paling cepat satu pekan, namun, bisa juga meleset dari waktu yang telah diprediksi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya