Kisah Petarung Asal Tiongkok

Sorot 532 Otomotif
Sorot 532 Otomotif
Sumber :
  • VIVA

VIVA – Suasana Jalan Greenland International Industrial Center Boulevard tidak terlalu padat. Jam menunjukkan pukul 13.05, waktu para karyawan mulai bersiap-siap kembali bekerja usai istirahat makan siang.

Bus yang ditumpangi rombongan wartawan akhirnya tiba di depan pintu gerbang sebuah pabrik yang masuk kawasan Cikarang itu. Seluruh dindingnya dilabur merah, sementara atapnya putih. Sangat mencolok dan berbeda dari pabrik lain di sekitarnya.

Memasuki kawasan pabrik, tampak beberapa lahan dibiarkan kosong sebagai ruang terbuka hijau beralaskan rumput. Rasanya seolah tidak sedang berada di Indonesia, melainkan kawasan pabrik di luar negeri.

Pada gedung yang menghadap pintu gerbang, terpampang tulisan besar Wuling Motors ‘Drive For A Better Life’. Semua jalanan yang ada di komplek tersebut diawali dengan nama Wuling, diikuti oleh angka dalam huruf Yunani.

Pabrik Wuling di Indonesia.Pabrik Wuling di Indonesia

Pabrik tersebut adalah milik PT SGMW Motor Indonesia, dan mulai dibangun pada 2015. Nilai investasi yang dikucurkan mencapai US$700 juta, atau sekitar Rp10,2 triliun. Uang sebanyak itu diubah menjadi pabrik perakitan kendaraan dan pembangunan diler di seluruh wilayah Indonesia.

Presiden SGMW Motor Indonesia, Xu Feiyun mengatakan, pabrik tersebut mengaplikasikan teknologi General Motors, Global Manufacturing System (GMS), yang digunakan oleh pabrikan GM.