Pelatih Zambia Tandingi Julukan Mourinho

Herve Renard Bawa Zambia Juara Piala Afrika
Sumber :
  • yahoosport

VIVAbola - Jose Mourinho kini memiliki saingan baru. Jika Mourinho mengklaim dirinya sebagai The Special One atau sang istimewa, maka pelatih timnas Zambia, Herve Renard, menyebut dirinya The Chosen One atau sang pilihan.

Keberhasilan Zambia menjadi penguasa Benua Hitam di Piala Afrika 2012 memang kejutan. Di partai final dini hari tadi, tim bukan unggulan ini sukses menaklukkan favorit juara Pantai Gading dalam drama adu penalti.

Yang Bikin Shin Tae-yong Terusik saat Indonesia Kalahkan Korea Selatan

Padahal menilik skuad Pantai Gading tentu tak ada yang memprediksikan Zambia akan menang. Sebab, Pantai Gading punya duo Manchester City Kolo Touré dan Yaya Toure, duo Chelsea Didier Drogba dan Salomon Kalou hingga bintang Arsenal Gervinho.

Namun semua prediksi dapat dibalikkan Zambia. Dan sosok Herve Renard menjadi sutradara dari keajaiban yang ditoreh Zambia di event termegah di Afrika itu. Sukses membuat keajaiban, Pria Prancis ini langsung mengklaim dirinya menjadi calon tunggal peraih penghargaan pelatih terbaik di Piala Afrika kali ini.

"Saya sang pilihan. Hanya saya satu-satunya. Saya pelatih pilihan Afrika," kata Herve dilansir yahoosport.

Pelatih 43 tahun ini sebelumnya juga pernah melatih timnas Zambia tepatnya sejak ditunjuk pada Mei 2008. Pada Piala Afrika 2010, ia sukses membawa Zambia ke perempatfinal untuk pertama kali dalam 14 tahun terakhir sebelum akhirnya mundur pada April 2010.

Lalu ia melatih timnas Angola sebelum akhirnya mundur pada Oktober 2010. Sempat melatih klub Alzajair, USM Alger, ia akhirnya bersedia kembali melatih timnas Zambia pada Oktober 2011 setelah sebelumnya Asosiasi Sepakbola Zambia memecat pelatih asal Italia, Dario Bonetti.

Di kesempatan keduanya itu, Herve Renard mampu membuktikan kepintarannya. Di Piala Afrika 2012, ia sukses membawa Zambia sebagai kampiun setelah menumbangkan beberapa favorit juara seperti Senegal dan Ghana sebelum akhirnya menaklukkan Pantai Gading di final.

Biodata

Nama: Herve Renard
Tempat/Tanggal Lahir: Aix-les-Bains, Prancis/30 September 1968

Karir sebagai pemain
AS Cannes (1983-1990)
Stade de Vallauris (1992-1997)
SC Draguignan (1997-1998)

Karir sebagai pelatih
SC Draguignan (1999-2001)
Cambridge United (2004)
AS Cherbourg (2005-2007)
Zambia (2008-2010)
Angola (2010)
USM Alger (2011)
Zambia (2011)

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar
Isi koper bule Polandia yang diduga hilang sebagian - Foto: Tangkapan Layar Instagram

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Beredar video di media sosial yang memperlihatkan seorang Warga Negara Asing atau WNA kehilangan barang dalam bagasi penerbangan tujuan Bali. Dia perlihatkan isi kopernya

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024