Deret Pelatih Top yang Terdepak Akibat Aksi Kontroversi

Pelatih Meksiko, Miguel Herrera
Sumber :
  • REUTERS/Henry Romero

VIVA.co.id - Tidak hanya pemain yang biasa berbuat kontroversial, pelatih juga bisa melakukan hal yang sama. Banyak yang mendapatkan hasil buruk, seperti pemecatan akibat aksi mereka.

Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United

Siapa saja? Berikut daftarnya:

1. Christoph Daum

5 Pertemuan Terakhir MU Vs Tottenham, Hujan Gol dan Pembantaian

Nama Daum tengah menanjak sebagai sebagai pelatih di Jerman dan sempat dijagokan naik ke kursi pelatih timnas Die Manschafft pada 2000. Namun, tuduhan pengunaan kokain melekat dengan namanya. Sekali gagal tes, Daum tak pernah dapatkan status pelatih timnas Jerman.



2. Tommy Docherty

Marcus Rashford Gantikan Kylian Mbappe di PSG?

Docherty bakal selalu jadi nama dalam sejarah tim sebesar Manchester United, bukan hanya karena berikan klub tersukses di Premier League itu terdegradasi pada 1974.

Tiga tahun kemudian, Docherty ketahuan selingkuh dengan physiotherapist klub, yang tak hanya membuatnya kehilangan pekerjaan, tetapi juga pernikahannya.



3. George Graham

Memberikan dua gelar juara Liga Inggris di Highbury membuat Graham jadi salah satu pelatih tersukses Arsenal sepanjang sejarah.

Namun, peninggalannya terlupakan saat dipecat pada 1995, setelah menerima sogokan dari agen untuk membeli John Jensen dan Pal Lydersen.


4. Norbert Meier

Saat masih menjadi pelatih Duisburg pada 2005, Meier sempat beradu mulut dengan gelandang Koln, Albert Streit, di tengah pertandingan. Kedua pria itu beradu kepala dan Meier jatuh sambil memegangi wajahnya.

Streit diberikan kartu merah oleh wasit, tetapi sang pelatih dapat ganjaran lebih parah, kehilangan pekerjaannya karena berpura-pura.


5. Branko Zebec

Pelatih sukses, tetapi nyentrik di Bundesliga pada 1970-an, dan terkenal dengan kebiasaan menenggak minuman keras saat melatih Hamburg.

Dalam satu pertandingan, saat timnya tertinggal 0-2, sang pelatih memastikan timnya bisa menang di laga selanjutnya. Artinya, dia tak sadar kalau masih ada babak kedua. Zebec dipecat tak lama kemudian. Parahnya, alkohol membuatnya kehilangan nyawanya pada 1980-an.


6. Ricardo La Volpe

Kehadirannya untuk kedua kali melatih Guadalajara berakhir dengan buruk hanya dalam waktu empat pertandingan saja musim lalu, setelah La Volpe dituduh melakukan pelecehan seksual pada salah satu staf klub.

Namun, pelatih itu menepis tuduhan namun dipecat karena hal tersebut.


7. Glenn Hoddle

Masa kepemimpinannya di Inggris berjalan cukup aneh. Merekrut guru spiritual, Eileen Drewery, ke dalam tim pelatihnya jadi salah satu alasan.

Tapi bukan itu alasan Hoddle dicopot, melainkan komentar kalau orang lumpuh adalah bentuk hukuman atas dosa mereka di masa lalu.


8. Delio Rossi

Enam bulan kepemimpinan Rossi di Fiorentina berakhir dengan kekerasan. Saat i Viola tertinggal 0-2, sang allenatore memutuskan untuk mengganti Adem Ljajic di menit ke-32, membuat sang pemain memberikan tepuk tangan ironis terkait keputusan tersebut.

Rossi marah dan meninju Ljajic, membuatnya kehilangan pekerjaan di akhir laga (yang berakhir imbang).


9. Hernan Dario Gomez

Mantan pelatih tim nasional Kolombia ini terlihat memukuli kekasihnya sampai empat kali di sebuah bar yang terdapat di kota Bogota.

Aksi Gomez terlihat oleh seorang tunawisma, yang melaporkan insiden tersebut, lalu ikut populer saat Kolombia memecat Gomez.


10. Miguel Herrera

Herrera seharusnya sedang menikmati perayaan usai membawa Meksiko meraih gelar juara Piala Emas, namun semua berubah jadi buruk setelah dia dipecat beberapa hari berselang.

Pelatih yang dikenal emosional itu meninju seorang wartawan di bandara. Menjadi pelatih terakhir yang dipecat karena kontroversi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya