10 Agen Pemain Paling Berpengaruh di Sepakbola

Agen super Jorge Mendes di ruang kerjanya
Sumber :
  • nouvelobs

VIVA.co.id - Agen pemain punya peran besar menentukan arah bursa transfer. Jika mereka tak bergerak, maka mustahil bintang-bintang top dunia bisa berganti klub.

Berikut ini adalah 10 besar agen pemain yang dinilai paling berpengaruh dalam sepakbola:

10. Barry Silkman
Dia adalah mantan pemain. 16 tahun menjalani karier sebagai petarung di atas lapangan hijau membuat Barry berpikir melanjutkan pekerjaan sebagai agen.

5 Pertemuan Terakhir MU Vs Tottenham, Hujan Gol dan Pembantaian

Pria asal Inggris itu pertama kali terjun mengurusi perpindahan pemain pada awal 90'an. Tapi, namanya tenar bukan sebagai agen langsung, melainkan perantara negosiasi. Beberapa pemain yang diurusnya adalah David Villa dan Ravel Morrison.



9. Cezary Kucharski
Sama seperti Barry, Cezary juga bekas pemain. Dia pensiun pada 2007 silam dan langsung mendirikan CK Sports Management.

Sebagai orang Polandia, kliennya sudah tentu banyak banyak berasal dari sana. Contohnya Robert Lewandowski dan Jakub Blaszczykowski. Kebanyakan Cezary juga berurusan dengan klub-klub asal Jerman.



8. Jarome Anderson
Dia disebut sebagai agen asal Inggris paling kontroversial. Pria yang juga bekerja sebagai bankir itu memiliki peran besar ketika Jon Obi Mikel membatalkan kesepakatan yang sudah dibuat dengan Manchester United untuk kemudian memutuskan bergabung ke Chelsea.

Anderson dikenal dekat dengan Arsenal. Sebelum ikut mengurusi pemain, dia pernah menjadi petugas pengumuman di stadion The Gunners. Pemain yang pernah dia tangani adalah Tony Adams, Dennis Bergkamp, Thierry Henry, Eduardo, Axel Witsel dan lain-lain.



7. Pini Zahavi
Zahavi berasal dari Israel. Dia merupakan agen yang dikenal memiliki kedekatan dengan pemilik Chelsea, Roman Abramovich, dan pernah telibat kasus penyadapan terhadap Ashley Cole serta pendekatan ilegal The Blues kepada Rio Ferdinand.

Bukan hanya pemain, Zahavi kabarnya juga punya keterlibatan atas penjualan klub Portsmouth. Beberapa pemain top yang ditangani Zahavi adalah Carlos Tevez, Rio Ferdinand dan Neymar.



6. Tim Hager
Namanya mungkin tak terlalu tenar. Tapi, Hager banyak terlibat dalam proses transfer sejumlah pemain kenamaan.

Hager bekerja di WB Sportmanagement. Dan beberapa pemain yang berada di bawah penanganannya adalah Yann M’Vila, Mamadou Sakho, dan Antoine Griezmann.



5. Mino Raiola
Yang satu ini pasti sudah akrab di telinga pencinta sepakbola. Raiola menangani bintang-bintang papan atas.

Tapi, dia bukan cuma menjual pemain bintang. Acap kali Raiola mengorbitkan pemain belia yang tadinya tak terdeteksi oleh klub-klub besar, contohnya Paul Pogba.

Beberapa pemain yang sekarang diurusi Raiola adalah Zlatan Ibrahimovic, Mario Balotelli, Edinson Cavani dan lain-lain.



4. Jonathan Barnett
Dulunya dia terkenal karena membantu Lennox Lewis menapaki karier sebagai petinju papan atas. Namun, sekarang Barnett malah lebih erat dikaitkan dengan para pesepakbola.

Barnett adalah sosok di balik megatransfer Gareth Bale ke Madrid. Kabarnya, nilai kepindahan dari Tottenham Hotspur itu memecahkan rekor pemain termahal hingga £100 juta.



3. Pere Guardiola
Dari namanya pasti orang sudah bisa menebak. Pere punya hubungan dengan Pep Guardiola. Ya, dia adalah saudara kandung pelatih Bayern Munich tersebut.

Prestasi terbaik Pere sejauh ini adalah mewujudkan transfer Luis Suarez dari Liverpool ke Barcelona. Sedangkan beberapa pemain lain yang diageninya adalah Jon Toral, Hector Bellerin, Thiago Alcantara dan Isaac Cuenca.



2. Paul Stretford
Stretford sudah menjadi agen sejak era 80'an. Pada 1987, dia mendirikan Proactive Sports Management yang kemudian berganti nama menjadi Formation Group pada 2004.

Transfer paling penting yang pernah dikerjakan Stretford adalah saat Wayne Rooney hijrah dari Everton ke Manchester United pada 2004.



1. Jorge Mendes
Pria satu ini adalah rajanya agen. Dia menangi banyak punggawa top. Sebut saja Cristiano Ronaldo, James Rodriguez, Luis Nani, Angel Di Maria dan Victor Valdes.

Mendes dikenal sebagai salah satu orang terkaya di Portugal. Kekayaannya diperkirakan mencapai €100 juta.

Beberapa waktu lalu, Mendes menggelar pesta pernikahan. Dan di sana banyak berdatangan bintang-bintang nomor wahid. Ronaldo yang menjadi tamu istimewa dipercaya memberikan hadiah sebuah pulau kepada pria 49 tahun itu. (one)

Kapten Manchester United, Harry Maguire

Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United

Bek Manchester United, Harry Maguire, dianggap belum pantas menjadi kapten di klub berjuluk Setan Merah itu.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022