Geger, Intelijen Ukraina Sebut Jenderal Perang Kesayangan Putin Tewas

VIVA Militer: Jenderal Vitaly dan Putin.
Sumber :
  • Kremlin

VIVA – Hari ini, Selasa 8 Maret 2022, dunia mendadak geger dengan munculnya pernyataan dari Badan Intelijen Pusat Kementerian Pertahanan Ukraina yang menyatakan bahwa militer Rusia baru saja kehilangan seorang jenderal berpengaruh.

Larangan Jurnalisme Investigasi dalam RUU Penyiaran Ancam Kebebasan Pers, Menurut Pengamat

Dalam siaran resminya dilansir VIVA Militer, Defence Intelligence of Ukraine (DI Ukraine) menyatakan bahwa pasukan tempur militer Ukraina telah berhasil membunuh Mayor Jenderal Vitaly Gerasimov di Kharkiv.

"Mayor Jenderal Angkatan Darat Rusia Vitaly Gerasimov dilikuidasi di dekat Kharkiv," tulis DI Ukraine.

10 Jenderal Lulusan Akpol 1996, Ada Petinggi Intel hingga Eks Ajudan Jokowi

Mayjen Vitaly Gerasimov bukan orang sembarangan, dia merupakan salah satu tangan kanan Presiden Vladimir Putin di militer Rusia. Dia merupakan kepala staf dan wakil komandan pertama Angkatan Darat ke-41 Distrik Militer Pusat Rusia.

Namanya cukup terkenal di Rusia, apalagi setelah berhasil merebut kembali wilayah Krimea. Mayjen Vitaly Gerasimov juga menjadi andalan Putin dalam operasi militer di Suriah.

Mengenal Sosok Jenderal Bintang 5 yang Hanya Ada Tiga di Indonesia

Menurut DI Ukraine, tak cuma Mayjen Vitaly Gerasimov. Ada beberapa perwira senior militer Rusia yang juga tewas dalam pertempuran dekat Kharkiv itu.

Sejauh ini, walau telah bikin heboh. Tapi informasi resmi intelijen Ukraina ini belum bisa dikatakan benar. Sebab Rusia sampai saat ini belum mengeluarkan pernyataan soal informasi kematian Mayjen Vitaly Gerasimov. Apalagi dalam konflik bersenjata kali ini Ukraina sudah dikenal sebagai penyebar informasi palsu yang handal.

Dalam menyiarkan informasi kematian Mayjen Vitaly Gerasimov, intelijen Ukraina tak melampirkan bukti rekaman foto atau video apapun, kecuali dua rekaman percakapan telepon yang diklaim Ukraina sebagai percakapan intelijen Rusia yang bocor soal kematian Mayjen Vitaly Gerasimov.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya