Militer Korsel Telan Malu, Rudal Balistik Meledak di Markas Sendiri

VIVA Militer: Peluncuran rudal balistik Hyunmoo-2 militer Korea Selatan
VIVA Militer: Peluncuran rudal balistik Hyunmoo-2 militer Korea Selatan
Sumber :
  • defensenews.com

VIVA – Angkatan Bersenjata Republik Korea Selatan (ROK Armed Forces) harus menelan malu saat rudal balistik Hyunmoo-2 yang akan diuji coba, meledak di markas sendiri. Rudal balistik taktis militer Korea Selatan (Korsel) meledak di Pangkalan Angkatan Udara Gangneung, Provinsi Gangwon, Selasa 4 Oktober 2022.

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari NK News, ledakan terjadi saat militer Korsel melakukan uji coba rudal balistik taktis Hyunmoo-2 dan MGM-140 Sistem Rudal Balistik Taktis Angkatan Darat (ATACMS). 

Tak sendirian, militer Korsel menembakkan rudal dalam latihan bersama Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (US Armed Forces). 

Korsel sempat berhasil menembakkan rudal balistik taktis MGM-140 ATACMS, bersama militer Amerika Serikat (AS). Akan tetapi saat akan meluncurkan rudal balistik Hyunmoo-2, rudal itu gagal meluncur dan malah meledak.

VIVA Militer: Rudal MGM-140 ATACMS buatan Amerika Serikat (AS)

VIVA Militer: Rudal MGM-140 ATACMS buatan Amerika Serikat (AS)

Photo :
  • defensenews.com

"Peluncuran yang gagal itu terjadi selama latihan rudal permukaan-ke-permukaan gabungan AS-ROK, yang dilakukan sebagai tanggapan atas uji coba rudal balistik jarak menengah Korea Utara di Jepang pada Selasa pagi," bunyi pernyataan Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata Republik Korea.

"AS dan ROK masing-masing berhasil menembakkan 2 ATACMS (rudal balistik jarak pendek Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat) ke sasaran di laut," lanjut pernyataan tersebut dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Korea Selatan, Yonhap News Agency.