Jenderal Penangkap Che Guevara Meninggal dalam Kondisi Lumpuh

VIVA Militer: Jenazah Che Guevara setelah dieksekusi mati militer Bolivia
Sumber :
  • cheguevara.org

VIVA – Jenderal Gary Prado Salmon, mantan perwira tinggi militer Bolivia yang sangat mahsyur meninggal dunia Sabtu 6 Mei 2023. Prado adalah komandan operasi perburuan tokoh revolusioner Kuba, Ernesto "Che" Guevara.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Kematian Prado dikonfirmasi oleh putranya, Gary Prado Arauz, lewat akun Facebook pribadinya. Prado mangkat di usia 84 tahun, setelah mengalami komplikasi penyakit dan dalam kondisi lumpuh.

"Dia ditemani istri dan anak-anaknya. Dia meninggalkan kami warisan cinta, kejujuran, dan keberanian. Dia adalah orang yang luar biasa," ujar Arauz dikutip VIVA Militer dari Al Jazeera.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Kesehatan Prado memburuk sejak pertengahan April 2023 lalu. Komplikasi penyakit yang dideritanya membuat Prado Salmon harus mendapatlan perawatan intensif  di rumah sakit.

VIVA Militer: Jenderal Gary Prado Salmon

Photo :
  • tf1info.fr
Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

Pada 8 Oktober 1967, Prado yang memimpin patroli di wilayah hutan desa La Higuera, Provinsi Vallegrande. Di hari itu, Prado bersama pasukannya berhasil menangkap Che Guevara, dengan dikungan Badan Intelijen Pusat (CIA) Amerika Serikat (AS).

Saat itu, Angkatan Bersenjata Bolivia mendapat sokongan penuh dari CIA dalam perlawanan terhadap komunisme. Di mana, Che Guevara berasama Fidel Castro adalah ikon komunis Kuba, yang berhasil menumbangkan rezim diktator Fulgencio Batista pada 1959.

AS bertindak melawan aktivis dan partai kiri di Amerika Latin, karena khawatir akan meningkatnya pengaruh komunis Uni Soviet. Saat itu, Kuba masih berada di bawah sanksi AS karena hubungannya yang dekat dengan bekas Uni Soviet.

Sehari setelah menangkap revolusioner kelahiran Argentina itu, Prado menyaksikan kematian Che yang dieksekusi mati dengan cara ditembak. 

VIVA Militer: Che Guevara (kiri) dan Fidel Castro

Photo :
  • spiegel.de

AS bertindak melawan aktivis dan partai kiri di Amerika Latin karena khawatir akan meningkatnya pengaruh komunis Uni Soviet. Sampai saat ini, Kuba masih berada di bawah sanksi AS karena hubungannya yang dekat dengan bekas Uni Soviet.

Pemerintah Bolivia menyatakan Prado sebagai pahlawan nasional atas perannya dalam penangkapan Guevara.nPada 2017 silam, ribuan orang berkumpul untuk memperingati 50 tahun kematian Guevara di tangan militer Bolivia, yang dilatih oleh CIA.

"Mengingat peringatan 50 tahun kematian Che adalah mengingat perjuangan martabat dan kedaulatan nasional, dan melawan imperialisme," kata Evo Morales, Ptresiden Bolivia saat itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya