Su-27 Tancap Gas, Pesawat Pembom Amerika Gentayangan di Langit Rusia

VIVA Militer: Jet tempur Su-27 Rusia mencegat dua pesawat pembom B-1 AS
Sumber :
  • tass.com

VIVA – Dua pesawat pembom strategis Rockwell B-1B Lancer dikabarkan menerobos wilayah udara Rusia, tepat di atas Laut Baltik, Selasa 23 Mei 2023. Seketika, militer Rusia langsung mengirim jet tempur Sukhoi Su-27 Flanker untuk mengusir dua pembom.

'Bravo Zulu' Kapal Selam TNI AL KRI Alugoro-405 Tembakkan Torpedo Black Shark di Selat Bali

Dalam laporan yang dilansir VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, TASS, Angkatan Udara Rusia (VVS) yang mengawasi wilayah tersebut menangkap koordinat dua objek asing di atas Laut Baltik.

Setelah dilakukan observasi, ternyata kedua objek asing adalah pesawat pembom B-1B Lancer milik Angkatan Udara Amerika Serikat (US Air Force). Seketika, komando wilayah setempat langsung mengirim perintah untuk menerbangkan jet tempur Su-27.

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

"Pengerahan jet tempur Su-27 untuk mencegah pelanggaran perbatasan negara oleh dua pembom strategis Angkatan Udara AS yang terbang di atas Laut Baltik," bunyi pernyataan Pusat Operasi Pertahanan Nasional Rusia.

VIVA Militer: Jet tempur Su-27 Rusia mencegat pesawat pembom B-1 AS

Photo :
  • militaryleak.com
BIN Komitmen Perkuat Pertahanan dan Keamanan IKN

Setelah mengudara, pilot Angkatan Udara Rusia mengonfirmasi jika kedua target adalah pesawat pembom B-1B Amerika Serikat (AS). Setelah dicegat, pesawat pembom militer Amerika Serikat diperintahkan untuk memutar arah.

Pusat Operasi Pertahanan Rusia memastikan, aksi jet tempurnya adalah pencegahan pelanggaran wilayah udara dam sesuai dengan peraturan internasional.

"Penerbangan pesawat tempur Rusia berjalan sesuai aturan internasional penggunaan wilayah udara," lanjut Pusat Operasi Pertahanan Nasional Rusia.

"Awak Su-27 mengidentifikasi target udara sebagai dua pembom strategis B-1B AS. Jet tempur Rusia dengan selamat kembali ke pangkalan udara asalnya, setelah pesawat tempur asing melakukan putar balik dari perbatasan Rusia," kata badan tersebut.

VIVA Militer: Pesawat pembom strategis B-1 Lancer militer Amerika Serikat

Photo :
  • military.com

Di sisi lain, AS mengakui jika dua pesawat pembomnya telah diadang militer Rusia. Juru bicara Departemen Pertahanan AS, Brigadir Jenderal Pat Ryder, mengatakan jika dua pembom B-1 tengah berada dalam perjalanan ke Eropa.

Menurut Ryder, dua unit B-1B Lancer akan mengikuti latihan gabungan yang telah lama direncanakan di Eropa. Namun demikian, ini bukan yang terbaru dari serangkaian insiden serupa.

Lebih dari sepekan lalu, satu unit pesawat militer Jerman dan satu unit pesawat tempur Prancis, juga diusir militer Rusia saat mencoba melanggar wilayah udaranya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya