Foto Satelit Buktikan Kapal Selam Rusia Gosong Disikat Rudal Inggris

VIVA Militer: Foto satelit kondisi Galangan Kapal Sevastopol Rusia rusak parah
Sumber :
  • mirror.co.uk

VIVA – Pasca serangan rudal Ukraina di kota pelabuhan Sevastopol, Republik Otonomi Krimea, beredar sejumlah foto satelit yang menunjukkan kondisi kapal selam Angkatan Laut Rusia (VMF) yang rusak parah.

Kisah Jenderal Soemitro, dari Ramalan Boneka Jailangkung Jadi Tentara Kesayangan Soeharto

Serangan rudal di Sevastopol terjadi pada Rabu 13 September 2023, dan telah dikonfirmasi langsung oleh Panglima Angkatan Udara Ukraina, Letnan Jenderal Mykola Oleshchuk, sebagai aksi pasukannya.

Selain melukai 24 orang warga sipil, serangan rudal militer Ukraina juga menghancurkan kapal pendarat kelas Ropucha, Minsk (127), dan sebuah kapal selam kelas Kilo, Rostov-on-Don (B-237).

Drone Bunuh Diri Iran Bombardir Suriah, Habisi Nyawa Warga Sipil

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari Al Jazeera, militer Ukraina menembakkan 10 unit rudal jelajah Storm Shadow buatan Inggris, saat membombardir basis Armada Laut Hitam Angkatan Laut Rusia.

VIVA Militer: Foto satelit hancurnya rudal S-400 Triumf militer Rusia

Photo :
  • mirror.co.uk
Amerika: Pasukan Israel Takkan Mampu Habisi Hamas!

Setelah serangan tersebut, foto-foto satelit memperlihatkan kondisi kapal perang Minsk dan kapal selam Rostov-on-Don, yang masih berada di Galangan Kapal Sevastopol.

Menurut laporan lain yang dikutip VIVA Militer dari Mirror, dengan rusalnya kapal selam Minsk militer Rusia menelan kerugian besar. Sebab kapal selam itu bernilai £1 miliar atau setara dengan Rp19,08 triliun.

Seorang sumber anonim menyebut, selain 10 rudal Storm Shadow yang ditembakan, kerusakan juga diakibatkan oleh serangan  drone laut. 

Tiga unit drone laut militer Ukraina diyakini telah menghancurkan sebuay stasiun radar yang dioperasikan Armada Laut Hitam Rusia. Kemudian, dua rudal jelajah R-360 Neptune diluncurkan untuk mengeliminasi pertahanan udara S-300 dan S-400 Triumf.

VIVA Militer: Foto satelit kondisi Galangan Kapal Sevastopol Rusia rusak parah

Photo :
  • mirror.co.uk

"Drone tersebut fokus pada sistem pertahanan udara dan radarnya. Setelah menonaktifkan stasiun radar, unit angkatan laut menyerang sistem S-300 dan S-400 Triumf yang bernilai $1,2 miliar, dengan dua rudal jelajah Neptune," kata sumber tersebut.

Pemerintah Inggris mengirim rudal jelajah Storm Shadow pada Januari 2023, sebagai dukungan kepada Ukraina. Rudal ini mampu menjangkau sasaran sejauh 550 kilometer, dengan kecepatan maksimal 0,95 Mach (1.173 kilometer per jam).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya