Bobol Lagi, 3 Pesawat Militer Rusia Hancur Dibom Orang Misterius

VIVA Militer: Pesawat kargo Ilyushin Il-76 meledak
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Tiga unit pesawat militer Rusia dikabarkan rusak akibat ledakan yang terjadi di Lapangan Terbang Chkalovskyi, Moskow, Rabu 20 September 2023.

Drone Bunuh Diri Iran Bombardir Suriah, Habisi Nyawa Warga Sipil

Ledakan itu terjadi saat seorang pria tak dikenal memasang bahan peledak di tiga pesawat, yakni pesawat angkut Antonov An-148, pesawat intai Ilyushin Il-20 dan helikopter serbu Mil Mi-28 Havoc.

Anehnya, insiden yang terjadi sekitar 31 kilometer dari ibukota Moskow, pertama kali dilaporkan oleh Direktorat Intelijen Utama Kementerian Pertahanan Ukraina (GUR).

Amerika: Pasukan Israel Takkan Mampu Habisi Hamas!

Menurut direktorat tersebut, pesawat An-148 dan Il-20 merupakan milik Resimen Pasukan Khusus ke-354 Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF).

VIVA Militer: Posisi pesawat An-148 dan Il-20 militer Rusia saat diserang

Photo :
  • gur.gov.ua
Biadab, Tentara Israel Hancurkan Puluhan Rumah Badui di Gurun Negev

Meski demikian, intelijen militer Ukraina menyebut jika kerusakan yang dialami oleh pesawat An-148 tak terlalu parah. Sementara helikopter Mi-28 yang rusal di bagian ekor, akan memakan waktu untuk diperbaiki.

Dalam keterangannya, helikopter Mi-28 Havoc adalah salah satu senjata militer Rusia yang menembak jatuh sejumlah drone yang menyerang Moskow.

"Orang tak dikenal memasang bahan peledak di lapangan terbang yang dijaga ketat dan meledakkan pesawat An-148 dan Il-20 (keduanya milik Resimen Pasukan Khusus ke-354)," bunyi pernyataan Direktorat Intelijen Ukraina.

"Serta helikopter Mi-28N, yang sebelumnya terlibat aktif dalam penembakan menjatuhkan serangan drone di wilayah Moskow," lanjut pernyataan tersebut dilansir VIVA Militer dari Al-Arabiya.

Serangan sabotase ini adalah yang kedua kali terjadi dalam kurun waktu kurang dari sebulan. Pada 30 Agustus 2023 lalu, drone tempur Ukraina menyerang bandara di kota Pskov, Rusia.

Dalam serangan itu, sebuah pesawat kargo Ilyushin Il-76 Angkatan Bersenjata Federasi Rusia hancur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya