Aksi Memukau Prajurit TNI AL di 3 Makam Keramat Ulama Tegal

VIVA Militer: Prajurit TNI AL Bersihkan Makam di Tegal
Sumber :
  • Website TNI AL

VIVA – Ketika negara tercinta kita Indonesia sedang tidak mengalami perang, tentu beberapa di antara kita bertanya-tanya mengenai kegiatan apa yang dilakukan oleh prajurit TNI.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Ternyata dalam kondisi seperti sekarang ini apalagi di tengah pandemi Virus Corona atau COVID-19 prajurit TNI lebih banyak menggelar kegiatan sosial masyarakat. Selain latihan tentunya.

Seperti yang dilakukan prajurit TNI AL dari Lanal Tegal, Jawa Tengah ini misalnya, saat tak perang mereka terjun ke pemakaman-pemakaman tokoh agama.

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

Adadi tiga titik makam tokoh agama yang didatangi prajurit TNI AL. Yaitu makam Mbah Panggung atau Syekh Syarif Abdurrohman, makam Syekh Junaedi Al Bagdadi di Posal Kluwut, dan Makam Syekh Maulana Syamsudin.

Di lokasi ketiga pemakaman tokoh Islam itu para prajurit TNI AL bersama masyarakat melakukan aksi bersih-bersih. Sampah ditumpas, rumput liar di pangkas sehingga area makam menjadi terlihat bersih dan nyaman.

Ternyata Gelar Kehormatan Istri Jenderal Dudung sama dengan Megawati

“Kegiatan ini adalah salah satu bentuk kepedulian Prajurit Lanal Tegal untuk menjaga kearifan lokal dan sekaligus mempererat kebersamaan dengan masyarakat. Kegiatan gotong royong ini sebagai wujud nyata TNI hadir untuk masyarakat,” kata Komandan Lanal Tegal Letkol Mar Ridwan Azis dikutip VIVA Militer di situs resmi TNI, Rabu 20 Mei 2020.

Menurutnya, kebersamaan dengan warga untuk peduli akan kebersihan lingkungan harus tetap dijaga bersama. Selain itu, kegiatan positif ini bertujuan membangun dan menumbuhkan semangat gotong royong bagi masyarakat.

“Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, masyarakat akan lebih peduli tentang pentingnya gotong-royong dalam menjaga kebersihan lingkungan terutama kebersihan kompleks pemakaman,” ujar Ridwan.

Selain itu, kegiatan ini juga membantu para ahli waris dari makam yang tahun ini tidak bisa mudik ke kampung halaman.

“Karena pandemi COVID-19 yang masih mewabah, tapi mereka sedikit bernapas lega karena makam orang tua atau saudaranya sudah kami bersihkan,” kata Danlanal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya