4 Pelontar Granat Andalan TNI Buatan Lokal

VIVA Militer: Prajurit TNI AD Menembak
Sumber :
  • Website TNI

VIVA – Senapan buatan PT Pindad tentu tidak perlu diragukan lagi. Senapan karya anak bangsa ini mampu bersaing dengan senapan-senapan negara maju seperti Amerika.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

VIVA Militer Senin 22 Juni 2020 kali ini akan membahas jenis senapan peluncur granat buatan PT Pindad yang sudah dipakai baik satuan TNI maupun Polri.

Berikut 4 senapan jenis peluncur granat buatan PT Pindad:

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang
  1. SAR-2 Kal 38 mm

VIVA Militer: Senapan Pelontar Granat SAR-2 Kal 38 mm

Ternyata Gelar Kehormatan Istri Jenderal Dudung sama dengan Megawati

Senapan SAR-2 merupakan senapan pelontar granat mandiri dengan kaliber 38mm. Senapan ini di desain untuk meluncurkan gas air mata serta peluru karet untuk pengendalian masa. Dengan berat 2.36 kilogram, jarak efektif tembak senapan SAR-2 mampu mencapai 125 meter.

Senapan pelontar granat ini menggunakan sistem operasi manual dan memiliki pisir belakang yang dapat dilipat. Gunanya adalah untuk memaksimalkan keringkasan senjata ini. Selain itu, senjata ini juga memiliki vertical grip yang meningkatkan ergonomi dalam penggunaannya.

  1. SPG1-V2 Kal. 40 mm

VIVA Militer: Pelontar Granat SPG1-V2 Kal. 40 mm

Seri SPG1-V2 merupakan pelontar granat yang dapat melontarkan granat lontar dengan kaliber 40 mm. Untuk penggunaannya, pelontar granat ini dapat dipasangkan pada senapan serbu SS1 dengan varian V1 dan V2.

Hanya dengan berat 1.5 kilogram jarak pelontaran dapat mencapai 350 meter dengan kecepatan 75 meter/second. Mekanisme penembakan dilakukan satu per satu dengan cara pengisian manual.

  1. SPG1-V3 Kal. 40 mm

VIVA Militer: Pelontar Granat SPG1-V3 Kal. 40 mm

Seri V3 masih menggunakan kaliber 40 mm sebagai peluru utamanya. Jarak efektif tembakan dapat mencapai 350 meter dengan kecepatan 75 m/s. Mekanisme penembakan dilakukan satu per satu dengan cara pengisian manual.

V3 memiliki panjang laras 20 cm dan pelontar granat ini di desain secara khusus untuk dipasangkan pada senapan serbu SS1 R5 yang memiliki laras lebih pendek dibanding varian SS1 yang lainnya.

  1. SPG1-V4 Cal. 40 mm

VIVA Militer: Pelontar Granat SPG1-V4 Cal. 40 mm

Memiliki berat 1.6 kilogram, spesifikasi V4 sebagai pelontar granat tidak jauh berbeda dengan yang seri-seri yang lainnya. V4 masih menggunakan kaliber 40 mm dan jarah efektif tembakannya juga mencapai 350 meter. 

Dengan panjang 39.4 cm, pelontar granat ini hanya dapat dipasangkan dipasangkan pada senapan serbu SS2 dengan varian V1.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya