Laksma TNI Agus Hariadi Resmi Jabat Waasops KSAL

VIVA Militer: Laksma TNI Agus Hariadi dikukuhkan sebagai Waasops Kasal
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – Asisten Operasi (Asops) Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muda (Laksda) TNI Didik Setiyono hari ini mengukuhkan jabatan Perwira Tinggi TNI Angkatan Laut, Laksma TNI Agus Hariadi untuk menjadi Wakil Asisten Operasi (Waasops) KSAL di Mabes TNI Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta Timur.

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Laksda Didik Setiyono menyatakan, pengukuhan jabatan Waasops KSAL ini memiliki makna penting dan strategis dalam Korps TNI Angkatan Laut.

Karena, lanjutnya, terkait dengan dinamika proses kesinambungan pembinaan secara utuh dan menyeluruh baik pembinaan organisasi, pembinaan personel, maupun regenerasi di lingkungan Sopsal khususnya dan TNI Angkatan Laut pada umumnya.

Hadiri Forum Internasional di China, KSAL Tegaskan Pentingnya Jaga Keamanan Maritim di Kawasan

Asops KSAL menjelaskan, Sopsal sebagai perencana kegiatan operasi dan latihan harus tetap mampu menghadirkan kekuatan di laut dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurutnya, wilayah yurisdiksi nasional harus senantiasa tetap terjaga. Oleh sebab itu, kapal-kapal perang kita harus beroperasi secara terus menerus tentunya dengan tetap melaksanakan koordinasi dengan satuan samping, sehingga tugas dan tanggung jawab TNI Angkatan Laut dapat diemban dengan baik.

Pimpin Halal Bihalal di Mabesal, Ini Pesan KSAL Muhammad Ali untuk Prajurit Jalasena

“Situasi pandemi Covid-19 saat ini jangan dijadikan halangan bagi kita untuk tetap bekerja guna menciptakan inovasi-inovasi baru bagi perkembangan TNI Angkatan Laut ke depan. TNI Angkatan Laut harus terus bergerak maju mengikuti perkembangan zaman sebagai garda terdepan dalam menjaga kedaulatan negara di laut," kata Asops KSAL Laksda Didik Setiyono dalam sambutannya di Mabes TNI Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin, 1 Februari 2021.

Untuk diketahui, Laksma TNI Agus Hariadi merupakan alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) 38 Tahun 1992. Dia mengawali karir militer di TNI Angkatan Laut sebagai Ass. Padiv Art. KRI M.K. Tiahahu-331 pada tahun 1993. Kemudian, Kadiv Sen. KRI Tjiptadi-381 tahun 1995. Lalu dia sempat menjabat sebagai Komandan KRI Sutedi Senaputra-378 pada tahun 2005.

Di tahun 2013, Laksma TNI Agus dipercaya untuk menjabat Komandan Lanal Ranai, kemudian pada tahun 2017 dia dipercaya menduduki posisi Komandan Satkor Koarmatim,  dan dilanjutkan menjabat Komandan Guskmalatim pada tahun yang sama. Karirnya tidak berhenti di situ, pada tahun 2019 dia ditunjuk sebagai Komandan Lantamal XII Pontianak, dan di tahun 2020 dia dipercaya untuk menduduki posisi Komandan Kodikopsla Kodiklatal, terakhir di tahun yang sama, dia sempat menjabat Staf Khusus KSAL.

Baca juga: Panglima Tunjuk Letjen Ganip Jadi Kasum TNI Gantikan Muhammad Herindra

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya