Meme Unik Perjalanan Hidup Seorang Sersan TNI

VIVA Militer: Lambang pangkat Sersan TNI
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Bagi sebagian orang, menjadi prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah sebuah kebanggaan. Bagaimana tidak, untuk menjadi seorang anggota TNI bukanlah perkara yang mudah. Hanya mereka yang punya fisik tangguh, mental kuat dan jiwa patriotisme tinggi, yang berhak menyandang status prajurit.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Banyak pemuda yang pada akhirnya memilih menjadi prajurit sebagai prajurit TNI. Baik itu di golongan Tamtama, Bintara, atau Perwira. Tak bisa dipungkiri, para pemuda ini juga menggantungkan hidup dan menjadikan prajurit sebagai profesi untuk mencari nafkah.

Banyak prajurit yang dikenal sangar atau galak. Namun demikian, para prajurit TNI juga adala manusia biasa yang tentu punya hati nurani dan rasa humor.

Sosok Raffi, Pria Viral Masuk Bintara TNI Tanpa Tes, Kuasai 5 Bahasa Asing

Dalam pantauan VIVA Militer di sebuah akun Instagram bernama @info.militer.indonesia, ada sebuah meme yang ditujukan kepada para Bintara TNI Angkatan Darat. Meme ini menggambarkan perjalanan hidup seorang berpangkat Sersan TNI. Mulai dari status, hingga tugas yang dijalaninya.

Seorang bintara TNI merupakan jebolan dari Sekolah Calon Bintara Prajurit Karier (Secaba-PK) TNI Angkatan Darat. Atau ada juga yang lulus dari Sekolah Calon Bintara Reguler (Secaba Reg).

Membanggakan, Anak Prajurit Marinir Berpangkat Sersan Satu Sukses Jadi Perwira TNI AL

Bedanya, bintara lulusan Secaba-PK TNI Angkatan Darat berasal dari masyarakat sipil. Sementara itu, bintara dari Secaba Reguler adalah prajurit yang sebelumnya berpangkat Tamtama TNI.

Setelah lulus Secaba-PK atau Secaba Reg, maka prajurit bintara akan memiliki pangkat Sersan Dua (Serda) TNI dengan lambang seperti satu buah huruf V dengan warna kuning di Pakaian Dinas Harian (PDH) atau hitam di Pakaian Dinas Lapangan (PDL).

Setelah itu, ada Sersan Satu (Sertu) dengan pangkat seperti dua buah huruf V, pangkat Sersan Mayor (Serma) serupa tiga huruf V , dan Sersan Kepala (Serka) yang mirip empat buah huruf V.

Dari penjelasan itu, akun Instagram @info.militer.indonesia tadi membuat meme dengan analogi lambang pangkat Sersan TNI. 

Biasanya, banyak prajurit muda yang menyandang pangkat Serda TNI. Di sini lah para prajurit muda akan menjalankan tugas pertamanya sebagai prajurit di sejumlah kesatuan. Dalam gambar meme, pangkat Serda TNI identik masa dinas.

Berlanjut ke pangkat Sertu TNI. Dalam gambar, Sertu TNI diidentikkan dengan pacaran. Ya, banyak prajurit yang berpangkat Sertu TNI mulai serius menjalin hubungan dengan kekasihnya. Kemudian pada gambar pangkat Serma TNI, ada kata "menikah". 

Ditulis demikian karena banyak prajurit berpangkat Serma TNI menikah. Saat seorang prajurit sudah mencapai pangkat Serma TNI juga biasanya sudah matang dan dewasa.

Nah di gambar terakhir, ada lambang pangkat Serka TNI. Serka TNI terbilang sudah senior. Dengan pengalaman di tiga pangkat dan tugas sebelumnya, prajurit berpangkat Serka TNI yang biasanya bertugas di Komando Distrik Militer (Kodim).

Sebagai prajurit senor, seorang prajurit berpangkat Serka TNI tentu saja banyak yang mendapatkan tugas antar Kodim. 

Bagi yang merupakan seorang prajurit Bintara TNI, mungkin saja gambar itu mewakili perjalanan karier dan kehidupan Anda. Tapi tentu saja, tidak semua Bintara TNI melewati perjalanan hidup yang berbeda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya