Waspada, Gunung Tempat Latihan Kopassus TNI Diguncang Gempa

VIVA Militer: Gunung Lawu
Sumber :
  • Repro Google Map\

VIVA – Gempa bumi dilaporkan telah mengguncang daratan Pulau Jawa. Pusat gempa terdeteksi berada di sekitar kawasan gunung yang selama ini menjadi tempat latihan pasukan khusus militer Indonesia.

Status Awas Belum Diturunkan, Gunung Ruang Semburkan Asap Putih Kelabu Setinggi 200 Meter

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) PGR-VII dilansir VIVA Militer, Senin 1 November 2021, gempa bumi terpantau memiliki magnitude 2,9.

Pusat gempa di daratan sekitar 18 kilometer barat daya Magetan, Jawa Timur, atau berada di sekitar kawasan Gunung Lawu. Dengan titik koordinat 7.72 Lintang Selatan, 111.19 Bujur Timur.

PGA Catat 348 Kali Gempa Hembusan Terjadi di Puncak Gunung Ile Lewotolok

Pusat gempa berada pada kedalaman 14 kilometer, dan dirasakan pada skala MMII di Tawangmangu dan Sarangan. Gempa terjadi pada pukul 07:46:35 WIB.

Perlu diketahui, Gunung Lawu lokasi di mana prajurit TNI dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) berlatih. Pasukan Baret Merah yang memusatkan latihan di Gunung Lawu ialah dari Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan. Bahkan, puncak gunung berketinggian 3.265 meter dari permukaan laut (mdpl) merupakan tempat pengukuhan anggota baru Kopassus.

Pakai Baret Merah, Momen Prabowo Subianto Hadiri HUT ke-72 Kopassus

Gunung Lawu tak menjadi tempat latihan tempur Kopassus tapi juga menjadi lokasi pendakian. Gunung ini merupakan salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa, letaknya berada tepat di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Baca: Kabar Duka TNI, Pelda Sunarto Meninggal Dunia di Yogyakarta

Erupsi Gunung Api Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, NTT

Badan Geologi: Jumlah Gempa Embusan Gunung Ile Lewotolok Meningkat

Badan Geologi mencatat jumlah gempa embusan pada Gunung Api Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, NTT, cenderung mengalami peningkatan pada 23-30 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024