TNI AL Siaga, Armada Perang Terbesar Amerika Masuk Indonesia

VIVA Militer: Kapal perang Amerika, USS Jackson (LCS-6) bersama Armada ke-7
Sumber :
  • Twitter/@US7thFleet

VIVA – Armada perang yang tergabung di Armada ke-7 Angkatan Laut Amerika Serikat (US 7th Fleet), akan segera memasuki wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).  Armada Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) terbesar di dunia, akan mengerahkan kapal-kapal perang dan sejumlah personelnya.

Salah Sasaran, Kapal Perang Jerman Berondong Drone Mata-mata Amerika

Ya, kedatangan US 7th Fleet ke Indonesia bukan dalam rangka melancarkan konfrontasi. Sebaliknya, pasukan Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) dan TNI Angkatan Laut akan menjalani Latihan Bersama (Latma) Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2021.

Dikutip VIVA Militer dari akun Instagram resmi TNI Angkatan Laut, Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II), Laksamana Muda (Laksda) TNI Iwan Isnurwanto, secara resmi membuka Latma CARAT 2021, dalam upacara di Auditorium Pusat Latihan Kapal Perang (Puslatkaprang) Koarmada II, Senin 1 November 2021.

Omongan Jenderal Amerika Benar, Kapal Inggris Tenggelam Dihantam Rudal Houthi

Secara simbolis Pangkoarmada II menyematkan tanda peserta dan ban lengan kepada delegasi US Navy dan TNI Angkatan Laut. Selain itu, upacara pembukaan Latma CARAT 2021 juga disaksikan lewat video conference oleh Kapten Tom Ogden, selaku Commander of Destroyer Squadron 7.

Dalam sambutannya, Laksda TNI Iwan Isnurwanto menegaskan peran penting Latma CARAT 2021. Selain mampu meningkatkan profesionalitas dan kemampuan prajurit kedua negara, latihan ini juga menjadi media pertukaran pengetahuian dalam hal teknis dan taktis pertempuran laut.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

VIVA Militer: Pangkoarmada II resmi membuka Latma CARAT 2021

Photo :
  • Instagram/@koarmada2

"Latihan Bersama CARAT 2021 adalah forum kerjasama militer antara TNI AL dan US Navy, terutama Armada ke-7 (US Navy). Program latihan bilateral antar kedua negara ini  bertujuan untuk meningkatkan kemampuan profesi prajurit TNI AL dan US Navy," tegas Pangkoarmada II.

"(Latma CARAT 2021 juga) menjadi tempat berbagi pengetahuan yang dapat meningkatkan keterampilan serta kemampuan teknis dan taktis tempur peperangan laut, serta  interoperabilitas dalam menghadapi tantangan keamanan maritim kedua negara," ujarnya.

Pangkoarmada II juga menghimbau kepada para prajurit TNI Angkatan Laut, agar selama mengikuti Latma CARAT 2021 supaya menjalin hubungan persahabatan dengan para personel US Navy.

Latma CARAT 2021 dijadwalkan akan berlangsung mulai 1-10 November 2021. Sejumlah tempat yang akan menjadi lokasi Latma CARAT 2021 yakni Laut Jawa, Pantai Kenjeran, Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Juanda, Pantai Pasir Putih Situbondo, Lembaga Kesahatan Kelautan (Lakesla) dan Batalyon Infanteri 1 Marinir/Buaya Petarung.

Sebagai informasi, Armada ke-7 (US 7th Fleet) Angkatan Laut Amerika Serikat merupakan bagian dari Armada Pasifik Angkatan Laut Amerika Serikat (US Pacific Fleet), yang bermarkas di Aktivitas Armada Amerika Serikat (US Activities Fleet), Pangkalan US Navy Yokusuka, Jepang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya