Prajurit TNI Tangkap Garong Gentayangan di Harco Mangga Dua

VIVA Militer: Serka Pio Marbun dan pencuri laptop.
Sumber :
  • Kodim 0501/JP BS

VIVA – Seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Komando Daerah Militer (Kodam) Jaya/Jayakarta terlibat kejar-kejaran dengan pemuda yang diduga telah melakukan tindak kejahatan pencurian.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Kejar-kejaran itu terjadi di salah satu pusat perbelanjaan top di Jakarta Pusat, yakni Harco Mangga Dua.

Berdasarkan siaran resmi Komando Distrik Militer (Kodim) 0501/Jakarta Pusat Berdiri Sendiri, prajurit TNI tersebut diketahui bernama Sersan Kepala (Serka) Pio Marbun. Dia merupakan Bintara Pembina Desa alias Babinsa di wilayah Kelurahan Mangga Dua Selatan.

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

Jadi ketika itu Serka Pio Marbun sedang melakukan pemantauan situasi keamanan di pusat perbelanjaan itu.

Di saat bersama secara tiba-tiba dia mendapat informasi bahwa telah terjadi pencurian laptop di salah satu pemilik toko di Lantai Dasar, Blok LC. Pemilik toko memang tak langsung melapor ke Serka Pio Marbun, tapi ke sekuriti Harco.

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

Setelah mendapatkan ciri pelaku, seketika itu juga perburuan terhadap pelaku dilancarkan. Bersama petugas sekuriti Serka Pio Marbun mengejar pelaku.

Kejar-kejaran pun terjadi, pelaku yang diketahui berinisial NS (33 tahun) berusaha melarikan diri bersama laptop hasil curiannya. Hanya saja upaya NS gagal karena Serka Pio Marbun berhasil meringkusnya.

Pelaku pun diamankan di pos keamanan. Dan untuk proses hukum lebih lanjut, Serka Pio Marbun menyerahkan pelaku ke petugas kepolisian di Polsek Metro Sawah Besar.

"Saat kejadian Babinsa sedang melakukan tugas rutin. Mendengar adanya permintaan bantuan dari pemilik toko yang dirugikan, maka Babinsa bergerak membantu," kata Komandan Koramil 02 Sawah Besar, Mayor Kav Dian Kriswijayaa.

Pelaku melakukan pencurian dengan cara berpura-pura sebagai pengunjung yang hendak membeli laptop. Saat penjual lengah ditambah padatnya pengunjung toko, pelaku dengan leluasa beraksi.

"Bantuan yang diberikan Babinsa merupakan respons cepat dan sudah menjadi kewajiban Babinsa. Stabilitas keamanan wilayah menjadi tanggung jawab penegak hukum dan warga sehingga perlu adanya kepedulian," kata Mayor Dian.

Perlu diketahui, kasus pencurian laptop bukan hal yang aneh terjadi di pusat perbelanjaan ini. Sudah banyak garong yang gentayangan di Harco Mangga Dua diringkus aparat.

Baca: Bangun Zona Integritas Terbaik TNI, Jenderal Armed Masuk Artotel

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya