Libur Tahun Baru, Pasukan Elite TNI AU Siaga di Bandara-bandara

VIVA Militer: Libur Tahun Baru TNI AU akan kerahkan Pasukan Elite jaga Bandara
VIVA Militer: Libur Tahun Baru TNI AU akan kerahkan Pasukan Elite jaga Bandara
Sumber :
  • Dispenau

VIVA – Momentum libur tahun baru biasanya diikuti dengan peningkatan mobilitas masyarakat yang ingin menghabiskan liburan pergantian tahun. Bandara Udara atau Bandara sudah barang tentu menjadi salah satu titik konsentrasi cukup ramai dipadati masyarakat yang akan berlibur.

Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan menyangkut dengan keamanan bandara dan penumpang pesawat, Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara akan mengerahkan prajurit TNI Angkatan Udara yang berasal dari Pasukan Elite Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) di Bandara-bandara seluruh Indonesia.

Kepala Dinas Penerangan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengatakan, TNI Angkatan Udara tidak akan mengerahkan personel TNI Angkatan Udara saja dalam operasi pengamanan Bandar Udara pada libur Tahun Baru kali ini, tapi pihaknya juga akan  mengerahkan sejumlah materiil tempur untuk menjaga keamanan bandara. 

Adapun Bandara yang akan dijaga ketat diantaranya adalah, Bandara Sentani Jayapura, Bandara Frans Kaisepo, Biak, Bandara Moses Kilangin Timika, Bandara Mopah Merauke, dan Bandara Wamena, serta bandara-bandara lainya di wilayah Indonesia juga akan dilakukan pengamanan untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat.

"Pengamanan juga melibatkan para prajurit Paskhas TNI AU yang berdinas di Lanud setempat. Didukung sejumlah persenjataan dan kendaraan taktis (Rantis), personel TNI AU siap menjaga keamanan wilayah bandara untuk kenyamanan masyarakat pengguna transportasi udara di setiap Bandara," kata Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Kamis, 30 Desember 2021.