Nyaris Tewas Digulung Ombak, WNA Filipina Ditolong Prajurit TNI

VIVA Militer: Anggota TNI AL Lanal Tarempa tolong pria korban kecelakaan laut
Sumber :
  • Instagram/@koarmada_1

VIVA – Aksi heroik dilakukan prajurit TNI Angkatan Laut saat menyelamatkan seorang Warga Negara Asing (WNA) Filipina, yang nyaris tewas di perairan Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu 5 Januari 2022.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Dalam siaran resmi Komando Armada I (Koarmada I) yang dikutip VIVA Militer, anggota Pangkalan TNI Laut Tarempa (Lanal Tarempa) berhasil menyelamatkan seorang yang diduga jatuh ke laut.

Informasi datang dari seorang nelayan Kepulauan Anambas, yang menemukan seorang pria terombang-ambing di tengah laut dalam keadaan hidup. Pria itu bertahan hidup dengan hanya memeluk ember cat untuk mengapung.

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

Berdasarkan informasi tersebut, personel Lanal Tarempa langsung berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait untuk melakukan pencarian dan pertolongan.

Tim SAR gabungan yang terdiri dari personel Lanal Tarempa, Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) Tarempa, Kepolisian Air dan Udara (Polairud), Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Anambas, langsung bergerak.

Ternyata Gelar Kehormatan Istri Jenderal Dudung sama dengan Megawati

Setelah dilakukan pencarian, pria itu akhirnya ditemukan di perairan Desa Sungak, sekitar 18 mil laut (33,3 kilometer) sebelah utara Kecamatan Jemaja Barat, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Diketahui, pria tersebut bernama Gilbert, berusia 33 tahun, yang merupakan Warga Negara Asing (WNA) asal Filipina. Gilbert terjatuh ke laut saat menaiki kapal kargo CNC Neptune, dengan rute Singapura-Vietnam.

Setelah ditemukan, WNA Filipina tersebut langsung dievakuasi dan diperiksa oleh personel kesehatan Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Kecamatan Jemaja. Beruntung, secara fisik kondisi Gilbert dinyatakan sehat dan kemudian diserahkan pihak Imigrasi Kabupaten Kepulauan Anambas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya