Mayor Aris Jadi Komandan Pasukan TNI Paling Ditakuti Kapal Selam Asing

VIVA Militer: Pengukuhan Mayor Aris jadi Komandan Skuadron Udara 100.
Sumber :
  • Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal)

VIVA – Skuadron Udara 100/Anti Kapal Selam TNI Angkatan Laut memiliki seorang komandan baru. Dia adalah Mayor Laut (P) Aris Pujiantoro.

Dipindah dari Kodim Pencetak Panglima TNI, Letkol Berdarah Kopassus Melesat Jadi Dandim Yogyakarta

Mayor Aris resmi menjabat satuan yang paling ditakuti penyusup perairan Indonesia itu, setelah dilakukan upacara pengukuhan Komandan Skuadron Udara 100 oleh Komandan Wing Udara 2, Letnan Kolonel (P) Sahid Hamdani di Markas Komando Wing Udara 2, Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut.

Berdasarkan siaran resmi Puspenerbal dilansir VIVA Militer, Kamis 25 Agustus 2022, sebelum dipercaya untuk menjabat satuan pemburu kapal selam musuh itu baru selesai mengikuti pendidikan militer di Kanada.

7 Kapal Perang TNI AL Siaga Penuh di Perairan Bali Amankan Tamu Negara KTT WWF, Ini Daftar Namanya

VIVA Militer: Pengukuhan Mayor Aris jadi Komandan Skuadron Udara 100.

Photo :
  • Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal)

Untuk diketahui, Skuadron Udara 100 merupakan satuan tempur udara milik TNI Angkatan Laut yang pernah menjadi skuadron paling ditakuti militer negara lain.

Shoigu, Menteri Pertahanan yang Dibela oleh Putin, Akhirnya Dicopot dari Jabatannya

Skuadron Udara 100/Anti Kapal Selam sempat tidak aktif dari dinas karena ketiadaan helikopter untuk opersi. Namun dihidupkan kembali seiring dengan kebutuhan TNI mengingat semakin meningkatnya potensi penyusupan yang dilakukan kapal-kapal selam militer asing ke wilayah kedaulatan RI.

Skuadron ini ditakuti karena memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan menemukan kapal-kapal selam yang berusaha melakukan penyusupan melalui bawah laut. Kapal selam dideteksi dengan sonar yang ada di helikopter.

Baca: Perintah Baru Jenderal Andika, Pasukan Pemukul Reaksi Cepat TNI Diubah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya