Sangar, Ini Spesifikasi Rudal Balistik Khan yang Diborong Jenderal Prabowo dari Turki untuk TNI

VIVA Militer: BORA Khan Missile.
Sumber :
  • Roketsan

VIVA – Kementerian Pertahanan RI dikabarkan telah menandatangani pembelian Sistem Rudal Balistik Taktis (TBM) Khan dari produsen roket nasional Turki, Roketsan.

Jenderal TNI Maruli Ungkap Fakta Serius Ancaman Pertahanan Indonesia

Kabar ini disampaikan langsung oleh Wakil Manajer Umum Roketsan, Murat Kurtuslus yang disiarkan kantor berita Turki Anadolu Agency (AA).

"Dengan kontrak yang kami tandatangani, kami akan menempatkan produk pertama kami ke dalam militer Indonesia dalam waktu dekat. Yang pertama adalah Khan, sistem rudal artileri jarak jauh darat ke darat. Khan merupakan sistem artileri yang efektif pada jangkauan hingga 280 kilometer dan presisi tinggi di kedalaman medan pertempuran. Untuk pertama kali akan kami berikan kepada TNI Angkatan Darat," kata Murat Kurtulus.

Rekam Jejak Luar Biasa Raja Aibon Kogila 821 Hari Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

VIVA Militer: Rudal balistik Kahn.

Photo :
  • Roketsan

Walaupun sampai saat ini baik itu, Kemhan maupun Menhan maupun Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto belum memberikan keterangan resmi soal pembelian rudal balisitk Khan. Namun penting rasanya kita ketahui seberapa  hebat sih rudal ini sampai membuat Indonesia kepincut buat membelinya?.

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Dikutip VIVA Militer dari situs resmi Roketsan, Rudal Khan sebenarnya adalah Rudal BORA yang saat ini dipakai Angkatan Bersenjata Turki, hanya saja Khan adalah Rudal Bora versi ekspor yang bisa dipakai militer negara lain termasuk Indonesia.

VIVA Militer: BORA Khan Missile.

Photo :
  • Roketsan

Rudal Khan digadang-gadang memiliki jangkauan yang sangar hingga lebih dari 280 kilometer sehingga dijamin efektif dan akurat untuk menghancurkan target di dalam medan perang.

Rudal ini bisa diluncurkan dari kendaraan taktis 8×8, lalu dengan Sistem Senjata ROKETSAN MCL (Multi-Caliber Launcher) dan platform lain dengan antarmuka yang kompatibel.

Kehebatan rudal ini bisa ditembakkan dalam kondisi cuaca dan medan apapun. Dan bisa meluncurkan rudal dalam waktu singkat sesuai kebutuhan. Dan dipastikan anti terhadap jamming  serta spoofing.

VIVA Militer: BORA Khan Missile.

Photo :
  • Roketsan

Roketsan merancang rudal ini untuk menghancurkan target musuh, seperti: target yang terletak dengan akurasi tinggi; artileri dan sistem pertahanan udara; situs radar musuh; fasilitas logistik, fasilitas C3  dan target dengan prioritas tinggi.

Menurut Roketsan, bobot dari rudal ini mencapai 2.500 kilogram dengan diameter 610 mm. Hulu ledaknya peledak tinggi dengan fragmentasi ledakan berbobot 470 kilogram. Rudal dipandu dengan Sistem Pemosisian Global (GPS) dan Sistem Satelit Navigasi Global (GNSS) Aided Intertial Navigation System (INS) atau hanya INS.

Baca: Ternyata Diam-diam Jenderal Prabowo Beli Rudal Balistik Khan Turki untuk TNI Angkatan Darat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya