Sah, Laksamana Yudo Margono Akan Jadi Panglima TNI Pengganti Jenderal Andika

VIVA Militer: KSAL Yudo ketika memantau kapal perang TNI AL di Perairan Bali
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – Teka-teki bakal calon Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa kini terjawab sudah. Presiden RI Joko Widodo telah menunjuk Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono sebagai pengganti Panglima TNI yang saat ini dijabat oleh Jenderal TNI Andika Perkasa.

Soal Peluang Ajak Jokowi Gabung ke PAN, Zulhas Berkelakar: Pak Jokowi Owner 

Penunjukan Jokowi itu diungkap oleh Ketua DPR RI Puan Maharani saat membacakan isi Surat Presiden (Surpres) tentang calon Panglima TNI di Gedung DPR RI, Senin sore, 28 November 2022.

"Nama yang diusulkan oleh Presiden untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa SE.MA.Msc adalah Laksamana TNI Yudo Margono SE.MM, Kepala Staf Angkatan Laut atau Kasal yang menjabat saat ini," kata Puan Maharani saat membacakan Surpres Presiden Joko Widodo di DPR RI.

Loyalis Jokowi Respons Elite PDIP soal Abuse Of Power: Berlebihan

Puan Maharani yang saat itu didampingi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, serta sejumlah Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel dan Lodewijk Freidrich Paulus,  mengatakan, meski Yudo Margono diajukan sebagai calon tunggal Panglima TNI, dia tetap harus melewati beberapa tahapan atau mekanisme yang berlaku, yaitu fit and proper test sesuai dengan mekanisme yang berlaku dan akan dilakukan oleh Komisi I DPR RI.

"Bisa segera mengikuti proses dan mekanisme di DPR untuk nanti melaksanakan mekanisme fit and proper (test) di DPR," ujarnya.

Drone Bunuh Diri Iran Bombardir Suriah, Habisi Nyawa Warga Sipil

Untuk diketahui, penunjukan Laksamana TNI Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI sebagai pengganti Jenderal Andika Perkasa merupakan mekanisme organisasi yang ada di tubuh TNI. Mengingat, akhir Desember 2022 mendatang Jenderal TNI Andika Perkasa akan memasuki masa purna tugas sebagai prajurit aktif TNI.

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan

Ajak 38 DPW PAN ke Istana, Zulhas Tak Bahas Kabinet dengan Jokowi

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan atau Zulhas membantah pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, untuk membahas kur

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024