Moment Megawati, Puan dan Prabowo Kompak Joget Bareng di HUT TNI AU ke-77

VIVA Militer: Megawati, Puan, Prabowo, hingga Panglima TNI joget di HUT TNI AU
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – TNI Angkatan Udara hari ini merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-77 tahun. Sejumlah pejabat utama terlihat hadir dalam upacara yang digelar di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu, 9 April 2023.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Pantauan VIVA Militer di lapangan, upacara HUT TNI AU ke-77 kali ini dipimpin oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono sebagai inspektur upacara.

Sejumlah pejabat negara terlihat hadir dalam upacara yang diikuti oleh sekitar 3.300 prajurit TNI AU itu. Diantaranya adalah Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Menteri ATR/BPN RI yang juga mantan Panglima TNI Marsekal (Purn.) Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, serta sejumlah atase pertahanan negara sahabat lainnya.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Ada yang menarik perhatian dipenghujung upacara hari jadi TNI Angkatan Udara tahun kali ini. Seluruh tamu undangan dan masyarakat tampak berbaur menjadi satu setelah menyaksikan devile pasukan, demo udara sejumlah pesawat tempur TNI AU dan demonstrasi pasukan anti-teror prajurit Satbravo 90 Kopasgat. Mereka kemudian berdendang dan berjoget bersama-sama menikmati alunan lagu 'ojo dibandingke'.

Tak terkecuali bagi Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri. Megawati yang hadir mengenakan kebaya merah didampingi putri tercinta yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani terlihat lincah berjoget mengikuti irama lagu dangdut koplo yang dipopulerkan oleh penyanyi cilik, Farel Prayoga itu.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Tidak hanya Megawati dan Puan, Menhan RI Prabowo Subianto, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan istrinya, Vero Yudoyono,  serta Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo terlihat joget bersama menikmati alunan lagu tersebut.

Aksi joget para petinggi negara itu pun menarik perhatian pengunjung lainnya. Tidak sedikit dari tamu undangan dan pengunjung mengabadikan moment langka tersebut. 

Untuk diketahui, perayaan HUT TNI AU ke-77 ini digelar secara terbuka dan untuk umum di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. 

Sebanyak 3.300 prajurit terlibat dalam upacara HUT TNI AU ke-77 kali ini. 3.300 prajurit TNI AU itu terdiri dari 2.200 pasukan di darat sebagai pasukan parade dan devile dan 1.100 prajurit lainnya adalah awak pesawat dan ground crew yang mendukung pesawat.

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan, dalam perayaan HUT TNI AU kali ini 82 pesawat berbagai jenis milik TNI Angkatan Udara (AU) unjuk kebolehan di langit Jakarta. 

Berbagai atraksi dan formasi udara disuguhkan oleh para penerbang handal untuk menghibur seluruh masyarakat Jakarta yang menonton secara langsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Adapun pesawat unsur tempur yang akan diterjunkan adalah 36 pesawat TNI AU terdiri dari F-16 Fighting Falcon, Sukhoi SU-27/30, T-50i Golden Eagle dan EMB-314 Super Tucano. 

14 pesawat tempur F-16 akan melaksanakan terbang formasi membentuk angka 77. Sementara 4 Sukhoi SU-27/30 akan melaksanakan terbang formasi berupa Box Formation dan Bomb Burst. 4 pesawat T-50i dan 1 F-16 melaksamakan Bomb Burst dan 2 pesawat T-50i lainnya akan melaksanakan misi Serangan Udara Langsung (SUL) dan Dog Fight dengan 1 pesawat F-16. 

Lalu, 6 pesawat tempur EMB-314 Super Tucano akan melaksanakan terbang formasi membentuk Arrow Formation dan 2 pesawat lainnya melakukan misi Close Air Suppot (CAS).

Selain itu, pesawat unsur Transport yang akan dilibatkan sebanyak 22 pesawat, yang terdiri dari C-130 Hercules, CN-295/235, C-212 Cassa, Boeing 737 dan Falcon 7X/8X. 4 CN-295/235 dan 4 C-212 Cassa yang melakukan terbang membentuk Box Formation. 

Selain itu, ada juga pesawat Boeing 737 sebanyak 3 unit dan pesawat jet terbaru TNI AU yaitu, Falcon 7X/8X yang membentuk 2 V Formation. 

Kemudian,  9 unit C-130 Hercules akan membentuk 3 V Formation dan 2 lainnya melaksanakan misi penerjunan bagi prajurit Kopasgat. Sedangkan 1 unit pesawat CN-295 lainnya akan membawa puluhan penerjun pasukan Dalpur Kopasgat.

Sedangkan Unsur Helikopter melibatkan 10 helikopter terdiri dari EC-120B Colibri, EC-725 Caracal, NAS-332 Super Puma, dan AS-365.

Tidak hanya itu, 1 unit helikopter EC-725 Caracal dan 1 NAS-332 Super Puma akan melakukan terbang dengan Giant Flight dan melaksanakan misi Fast Rope serta Air Landed prajurit Kopasgat. 4 unit helikopter EC-120B melaksanakan terbang formasi dan satu lainnya melaksanakan misi Pembebasan Sandra (Basra) Kopasgat.

Tidak hanya itu, 6 pesawat KT-1B Jupiter Aerobatic Team juga akan menampilkan berbagai manuver indah. Selain itu juga ada 2 pesawat Cassna dan Paramotor membawa banner HUT TNI AU.

Sementara demo Darat menampilkan berbagai simulasi pertempuran darat yang dilaksanakan oleh prajurit Kopasgat TNI AU, diantaranya penerjunan 18 prajurit Kopasgat, Pengendalian Pertempuran (Dalpur), Pembebasan Sandra (Basra), Tindakan Keamanan (Tinkam), Fast Rope dan Combat Sar. 

Demo Darat juga akan menampilkan berbagai persenjataan dan sejumlah kendaraan khusus dan kendaraan taktis Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI AU.

Adapun alutsista Kopasgat yang dihadirkan saat acara diantaranya Oerlikon, Smart Hunter SJ 311 dan 711, Ransus Cambat PSU, Ransus Mars, P6 Atav V3, Jihandak Ivander, Nubica Antilost, APC Turangga dan sejumlah alutsista Kopasgat lainnya.

“Kami ingin memperlihatkan kepada rakyat Indonesia bahwa TNI AU selalu siap mempertahankan kedaulatan udara,” kata Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya