TNI Terjunkan 9.428 Personel dan 162 Alutsista untuk Amankan Tamu Negara di KTT ASEAN Ke-42

VIVA Militer: Pasukan elite TNI dikerahkan untuk mengamankan Forum KTT ASEAN
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA – Sejumlah persiapan menjelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Ke-42 tahun 2023 telah digelar, termasuk TNI dalam bidang Pengamanan (Pam) VVIP dengan mengerahkan prajurit-prajurit terbaiknya dan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) tercanggih untuk mengamankan jalannya forum internasional yang akan dihadiri oleh para pemimpin negara-negara ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) itu.

Kabar Bahagia TNI, Sarah Puspita Sah Dinikahi Sersan Polisi Militer Hantu Laut Marinir

"Dalam melaksanakan Pam VVIP kali ini, TNI mengerahkan sejumlah 9.428 personel dan 162 alutsista untuk menjamin terlaksananya KTT ASEAN 2023 dengan aman. TNI akan melaksanakan pengamanan dengan profesional namun humanis serta bersinergi dengan Polri," kata Kapuspen TNI Laksda TNI Julius Widjojono dalam keterangan resminya yang diterima VIVA Militer, Jum'at, 5 Mei 2023.

Lebih jauh Kapuspen TNI Laksda TNI Julius memaparkan, Alutsista dan prajurit yang diterjunkan berasal dari tiga matra (TNI AD, TNI AL, dan TNI AU) dengan berbagai fungsi dan tugasnya. 

Penuh Bangga, Mayjen TNI Bangun Nawoko Sambut Kemenangan Prajuritnya dari Medan Laga

Kapuspen menambahkan, Alutsista tersebut diangkut melalui Jalur udara dan jalur laut ke Labuan Bajo. Melalui udara menggunakan pesawat Hercules diantaranya motor kawal, alat perlengkapan matan dan perlengkapan Komlek.

VIVA Militer: Alutsista Kopasgat TNI AU diangkut dengan KRI ke Labuan Bajo

Photo :
  • Puspen TNI
Sergap Rumah Berisi Senjata Api, Pria Tegap Misterius di Sei Meranti Ternyata Intel TNI

Sementara,  jalur laut menggunakan KRI Banjarmasin 592, KRI Teluk Youtefa 522, dan KRI dr. Soeharso 990, diantaranya Kizi Jihandak, Nubika Zeni TNI AD, Sea Rider, Mobil Listrik PM, Motor Listrik Matan, Rantis Kopasgat, Mobil Inkas Koopsus TNI dan Ransus CBRNE Sprinter.

Julius memastikan, untuk mensukseskan pengamanan KTT ASEAN ke-42 itu, TNI sudah melaksanakan persiapan personel, materiel dan sarana pendukung lainnya dengan teliti dan komprehensif serta memberikan pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab setiap Satgaspam VVIP sesuai agenda kegiatan guna menangkal kerawanan yang mungkin terjadi demi lancarnya KTT ASEAN 2023.

"TNI akan melaksanakan Pengamanan KTT ASEAN dengan profesional, proporsional namun tetap humanis serta selalu bersinergi dengan Polri dan semua unsur yang terlibat. Sebagaimana diketahui bahwa pengamanan KTT ASEAN ini  melibatkan banyak pihak yang tentunya perlu kerjasama dan kekompakan. Sinergi merupakan salah satu kunci utama dalam keberhasilan pengamanan KTT ASEAN agar dapat berlangsung aman, lancar dan sukses. Sehingga citra Bangsa Indonesia di mata ASEAN dan dunia akan semakin baik," kata Julius.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya