2 Jenderal dan Dua Kolonel Pejabat Penting TNI di Kodam Papua Diganti

VIVA Militer: Serah terima jabatan Kodam XVII/Cenderawasih.
Sumber :
  • Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih

VIVA – Rotasi jabatan terjadi di jajaran Komando Daerah Militer (Kodam) XVII/Cenderawasih, empat pejabat penting diganti secara bersamaan.

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

Pergantian empat pejabat penting telah dilaksanakan dengan dipimpin langsung oleh Pangdam Cenderawasih, Mayor Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa di Aula Tony Rompis, Markas Kodam XVII.

Berdasarkan siaran resmi Penerangan Kodam Cenderawasih dilansir VIVA Militer, Rabu 10 Mei 2023, dari empat pejabat yang diganti itu, dua pejabat merupakan perwira tinggi dengan pangkat Brigjen TNI dan dua lainnya perwira menengah berpangkat Kolonel.

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Dua Brigjen TNI yang diganti ialah, Brigjen TNI Agus Supriyo Winarno dan Brigjen TNI Sri Widodo.

VIVA Militer: Serah terima jabatan Kodam XVII/Cenderawasih.

Photo :
  • Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih
Luar Biasa, Prajurit TNI Ini Rela Rugi Rp20 Juta Sebulan Demi Tolong Petani Singkong yang Menderita

Brigjen TNI Agus Supriyo Winarno sebelumnya menjabat sebagai Irdam. Tapi kini jabatan itu telah diserahterimakan kepada Brigjen TNI Mukhlis.

Sedangkan Brigjen TNI Sri Widodo sebelumnya merupakan Komandan Korem 173/Praja Vira Braja. Dan jabatan Danrem di Papua Tengah ini kini telah diserahterimakan kepada Kolonel Inf Franz Yohannes Purba.

Dua pejabat lainnya yang diganti ialah Perwira LO TNI Angkatan Laut dari Kolonel Laut (T) Awan Sudiro kepada Letnan Kolonel Laut (T) Munadji. Dan Kepala Zeni Kodam (Kazidam), dari Kolonel Czi Sri Haryoko kepada Kolonel Czi Fahrudi Hidayat.

VIVA Militer: Serah terima jabatan Kodam XVII/Cenderawasih.

Photo :
  • Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih

"Ini merupakan suatu kehidupan yang penuh misteri, yang datang tidak diduga tentunya. Semua itu adalah rahasia Tuhan, karena keberhasilan dan pertemuan serta perpisahan itu merupakan rahasia dari Tuhan Yang Maha Esa. Jodoh rahasia Tuhan, rezeki rahasia Tuhan. Tuhan akan memberikan rahasia-rahasia Tuhan yang sempurna, tetapi kita sebagai hambanya, sebagai prajurit kita harus berpikir positif. Jangan ada yang punya pikiran negatif," kata Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa.

Yang menarik dari prosesi serah terima jabatan ini adalah, dengan dipercaya menjabat Danrem 173/PVB, maka Kolonel Inf Franz Yohannes Purba akan pecah bintang alias naik pangkat Brigjen TNI. Sebab, sesuai aturan keorganisasian, seorang Danrem 173/PVB haruslah perwira tinggi penyandang bintang satu.

Baca: Dimutasi Panglima TNI dari Kodam Diponegoro, 2 Kolonel Berdarah Kopassus Melesat Jadi Jenderal

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya