TNI AL Akan Bikin Kampung Bahari Kluster Pertahanan di Pulau Terluar dan Perbatasan Negara

VIVA Militer: Wapres RI Ma'ruf Amin dan KSAL Muhammad Ali resmikan KBN
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali mengatakan akan membangun kluster pertahanan yang berbatasan dengan negara-negara tetangga. Pembangunan kluster ini termasuk dalam program dari TNI AL membangun Kampung Bahari Nusantara.

Drone Bunuh Diri Iran Bombardir Suriah, Habisi Nyawa Warga Sipil

"Untuk saat ini memang Kampung Bahari Nusantara ini baru ada 68, ini juga dari pangkalan-pangkalan AL yang kelas A dan kelas B. Nantinya, untuk kluster pertahanan tentunya diutamakan untuk pulau-pulau terluar yang berbatasan dengan negara-negara tetangga. Mengapa itu penting karena itu penting terkait dengan wilayah kedaulatan," kata KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali saat mendampingi Wapres RI KH. Ma'ruf Amin dalam acara peresmian Kampung Bahari Nusantara di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Senin, 15 Mei 2023.

Dengan dibentuknya Kluster Pertahanan maka, lanjut KSAL, pihaknya akan membina para penduduk yang tinggal di wilayah perbatasan. Hal tersebut penting agar masyarakat dapat melaporkan apabila terjadi hal-hal yang terkait dengan kegiatan ilegal, terutama yang melanggar wilayah garis kedaulatan.

Amerika: Pasukan Israel Takkan Mampu Habisi Hamas!

"Jadi dia tahu bagaimana wilayah negara batas-batasnya seperti apa dan dia melaporkan apabila terjadi hal-hal yang terkait dengan kegiatan ilegal terutama yang melanggar wilayah garis kedaulatan," ujarnya.

Sementara untuk pulau tak berpenghuni, tambah KSAL, akan ditempatkan pasukan Marinir. Penempatan prajurit itu semata-mata untuk menjaga kedaulatan wilayah.

Sagil Siswa SD di Jambi yang Miliki Tinggi 2 Meter Bercita-cita Ingin Jadi Anggota TNI

VIVA Militer: Satgas Marinir Pam Puter XXVI Pulau Fanildo

Photo :
  • Penerangan Korps Marinir

"Di beberapa pulau yang tidak ada penduduk itu kita tempatkan pasukan Marinir. Ini juga untuk menjaga kedaulatan wilayah terutama di perbatasan," katanya.

Untuk diketahui, Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin bersama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali tiba di Kepulauan Seribu untuk meresmikan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, menjadi Kampung Bahari Nusantara.

Kampung Bahari Nusantara menjadi program dari TNI Angkatan Laut yang bertujuan menciptakan kondisi juang tangguh untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan, pariwisata, ekonomi, dan pertahanan.

Kegiatan peresmian serentak ini mengangkat tema 'Kampung Bahari Nusantara TNI AL Siap Meningkatkan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan bagi Masyarakat Maritim yang Sejahtera'.

Kampung Bahan Nusantara (KBN) merupakan program yang dibentuk guna mengangkat potensi maritim suatu wilayah. Dalam KBN, terdapat lima kluster utama, yaitu kluster pertahanan, ekonomi, edukasi, kesehatan, dan pariwisata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya