Didampingi KSAL, Wapres Ma'ruf Amin Resmikan 68 Kampung Bahari Nusantara

VIVA Militer: Wapres RI KH. Ma'ruf Amin Resmikan Kampung Bahari Nusantara
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH. Ma'ruf Amin bersama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali hari ini meresmikan 68 Kampung Bahari Nusantara. Peresmian Kampung Bahari Nusantara itu dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dan dipusatkan di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Senin, 15 Mei 2023.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Di hadapan Laksamana TNI Muhammad Ali, Wapres RI KH. Ma'ruf Amin mengapresiasi program Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang dipelopori oleh prajurit TNI Angkatan Laut tersebut.

Menurut Ma'ruf, pembangunan Kampung Bahari Nusantara dapat berdampak pada peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat desa yang merupakan indikator penentu keberhasilan pembangunan nasional.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

"Di Indonesia terdapat 514 Kabupaten dan Kota. Sementara desa jumlahnya mendekati 75.000 dan mencakup sekitar 88 persen dari total wilayah Indonesia. Peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat desa adalah indikator penentu keberhasilan pembangunan nasional," kata KH. Ma'ruf Amin dalam sambutannya di acara Peresmian Kampung Bahari Nusantara di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.

Ma'ruf Amin menegaskan, pemerintah menaruh perhatian serius untuk pembangunan desa dan kawasan perdesaan, termasuk yang berada di kawasan pesisir dan pulau terluar.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Menurut Ma'ruf, ada lebih dari 12 ribu desa pesisir di Indonesia. Sebagian besar masih mengalami kemiskinan ekstrem. Padahal, produksi perikanan Indonesia terbesar kedua di dunia.

"Jumlah desa pesisir di Indonesia mencapai lebih dari 12.000 desa, dan sebagian besar masih menjadi kantong-kantong kemiskinan ekstrem. Berdasarkan data tahun 2021, dari total angka kemiskinan ekstrem di Indonesia, sekitar 12 persen adalah rumah tangga masyarakat pesisir. Garis pantai terpanjang kedua di dunia, diikuti dengan produksi perikanan terbesar kedua di dunia, menjadi kisah membanggakan sekaligus ironi karena masyarakat pesisir belum sejahtera," ujarnya.

Karena itu, menurut Ma'ruf, gagasan Kampung Bahari Nusantara yang dimotori TNI AL sangat penting. Apalagi, lanjutnya, program tersebut selaras dengan komitmen Pemerintah untuk menyelesaikan berbagai persoalan kemiskinan di desa pesisir.

"Oleh sebab itu, saya memandang gagasan Kampung Bahari Nusantara yang dimotori TNI AL sangat vital. Program KBN yang terbagi ke dalam lima klaster Edukasi, Ekonomi, Kesehatan, Pariwisata dan Pertahanan ini, sejalan dengan komitmen Pemerintah untuk menyelesaikan berbagai persoalan kemiskinan di desa pesisir," kata Ma'ruf Amin.

Sementara itu, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan, program Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang saat ini tengah digalakan oleh berbagai satuan TNI AL dibentuk guna mengangkat potensi maritim suatu wilayah. 

"Pembangunan KBN di wilayah pesisir ini difokuskan pada lima kluster utama, yaitu Kluster Pertahanan, Ekonomi, Edukasi, Kesehatan, dan Pariwisata," kata Muhammad Ali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya