320 Orang Eks Anggota NII Taubat, Ikrar Setia Kepada NKRI di Depan Jenderal Dudung

VIVA Militer: KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman
Sumber :
  • Dispenad

Bandung – 320 orang mantan anggota Negara Islam Indonesia (NII) Jawa Barat dan Banten mengucapkan ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di hadapan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Kabar Bahagia TNI, Sarah Puspita Sah Dinikahi Sersan Polisi Militer Hantu Laut Marinir

Deklarasi ikrar setia kepada NKRI 320 mantan anggota NII itu lakukan di Markas Kodam III/Siliwangi, Bandung, Jawa Barat.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispenad, Jum'at, 15 Agustus 2023, selain disaksikan oleh KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, pengucapan ikrar setia kepada NKRI itu juga disaksikan oleh Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko dan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Akhmad Wiyagus. 

Penuh Bangga, Mayjen TNI Bangun Nawoko Sambut Kemenangan Prajuritnya dari Medan Laga

Usai membacakan ikrar setia kepada NKRI, ratusan eks anggota NII Jawa Barat itu kemudian menandatangani pencabutan baiat NII, dan dilanjutkan dengan prosesi penyematan Pin Merah Putih kepada perwakilan eks anggota NII oleh Kasad yang didampingi Ketua Umum (Ketum) Persit KCK Nyonya Rahma Dudung Abdurachman, Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, dan Pj. Gubernur Banten Al Muktabar yang turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyampaikan, bahwa nilai-nilai kebangsaan dan perjuangan masyarakat Jawa Barat, terpatri dalam sejarah perjuangan bangsa. Dimana semangat yang ditunjukkan Mohammad Toha, tokoh penting peristiwa Bandung Lautan Api, terus menjadi obor semangat masyarakat Jawa Barat dalam mengisi kemerdekaan.

Sergap Rumah Berisi Senjata Api, Pria Tegap Misterius di Sei Meranti Ternyata Intel TNI

“Bangsa Indonesia juga telah membuktikan melalui founding father kita bahwa perjuangan bangsa selama ini telah diisi oleh penerus bangsa, dan akhirnya mengikat persatuan dan kesatuan menjadi semakin kokoh," kata KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman di hadapan ratusan eks anggota NII.

Dalam kesempatan itu, Jenderal Dudung juga dinobatkan sebagai Bapak Asuh Kebangsaan oleh Pj. Gubernur Jawa Barat dan Pj. Gubernur Banten, yang ditandai dengan pemasangan syal Merah Putih kepadanya. 

Bukan itu saja, dalam waktu yang sama Jenderal Dudung juga dinobatkan sebagai Bapak Asuh Budaya oleh Tokoh Budaya Provinsi Jabar dan Provinsi Banten. Penobatan tersebut ditandai dengan penyematan Bendo Sunda dan penyerahan piagam dari Ketua Paguyuban Pasundan, Prof. H. M. Didi Turmudzi kepada orang nomer satu di Matra Darat itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya