Sosok Almarhum Letjen TNI Doni Monardo, Jenderal Maruli: Beliau Jagoan Kopassus

VIVA Militer: KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengatakan, seluruh prajurit TNI, khususnya Kopassus TNI AD hari ini merasakan kehilangan yang sangat mendalam atas wafatnya seorang senior yang sangat berjasa bagi pengembangan Korps Baret Merah, Kopassus. Beliau adalah almarhum Letjen TNI (Purn) Doni Monardo.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengungkapkan, almarhum Letjen TNI Doni Monardo adalah salah satu senior yang sangat peduli dan perhatian dalam mendidik para juniornya di Korps Baret Merah. 

Bahkan, lanjut Kasad, ketika dirinya masih Perwira Remaja di Korps Baret Merah, Kopassus TNI AD, almarhum Doni Monardo selalu dikenal oleh para juniornya sebagai salah satu prajurit terbaik Kopassus TNI AD.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

"Sangat banyak, sangat banyak (warisan beliau) dari segi latihan. Jadi dulu waktu zaman saya perwira remaja, beliau itu termasuk salah satu figur kami, jagoannya. Jadi kalau beliau sudah menegur kita itu kita bangga sekali kita, apalagi semenjak zaman letnan itu," kata KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak usai memberikan penghormatan terakhir pada pemakaman almarhum Letjen TNI (Purn) Doni Monardo di TMP Nasional Kalibata, Jakarta Selatan, Senin, 4 Desember 2023.

Selain dalam bidang latihan militer di Kopassus, Kasad Maruli mengungkapkan, bahwa almarhum Letjen TNI Doni Monardo adalah salah satu senior yang dikenal sangat peduli dengan masyarakat dan lingkungan hidup.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

"Ya itu, saya merasa kehilangan sangat kehilangan, karena beliau sampai terakhir menjelang pensiun itu kiprahnya masih banyak," kata Jenderal Maruli.

"Terakhir sampai bikin pengobatan mata di Intan Jaya di Puncak Papua, kiprahnya tidak pernah berhenti. Mudah-mudahan kita generasi muda bisa melanjutkan," tambahnya.

Dengan demikian, menegaskan Jenderal Maruli, almarhum Letjen TNI Doni Monardo adalah sosok prajurit Kopassus yang bisa dijadikan tauladan bagi satuan dan prajurit TNI di masa mendatang.

"Tentang latihan, penugasan, tentang lingkungan, apa yang kurang enggak ada. Karena beliau lengkap sekali kami pelajari," kata Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Sebagaimana diketahui, salah satu Perwira Tinggi (Pati) TNI AD Letjen TNI Doni Monardo meninggal dunia pada hari Minggu, 3 November 2023 sekitar pukul 17.32 wib di Rumah Sakit Siloam, Jakarta. Mantan Danjen Kopassus itu wafat setelah sakit dan menjalani perawatan tim medis sejak beberapa bulan lalu. 

Sebelum dimakamkan di TMP Nasional Kalibata, jenazah almarhum Doni Monardo sempat disemayamkan di Markas Komando Kopassus, Cijantung.

Pantauan VIVA Militer di lapangan, sejumlah petinggi militer turut hadir untuk memberikan penghormatan terakhir kepada mantan Kepala BNPB itu. Diantaranya adalah Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Koorsahli Kasad Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, Pangkostrad Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa. 

Selain itu, turut hadir Wakil Presiden RI ke-6 yang juga pernah menjabat Panglima ABRI Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal TNI (Purn) AM. Hendropriyono, serta mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI (Purn) Dudung Abdurachman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya