KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali Tegaskan Akan Perkuat TNI AL dan Marinir Dengan Alutsista Modern

VIVA Militer: KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menegaskan akan memperkuat Armada Laut dengan alutsista modern. Hal itu ditegaskan Kasal usai memimpin Upacara Peringatan Hari Armada Republik Indonesia  5 Desember 2023 yang digelar di Komplek Satuan Koarmada I Pondok Dayung, Jakarta Utara, Selasa, 5 Desember 2023.

Viral Remaja Aniaya Bocah di Bandung, Ngaku Keponakan Jenderal TNI

Menurut Kasal, situasi perkembangan lingkungan strategis saat ini sudah mengalami perubahan yang sangat luar biasa cepat. Dia pun menggambarkan situasi perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina, maupun di Timur Tengah beberapa waktu lalu. 

Laksamana TNI Muhammad Ali mengungkapkan, perang antara Rusia dan Ukraina telah membuka kacamata dunia pertahanan global. Sebab, dalam perang era-modern itu, lanjut Kasal, kekuatan yang dikerahkan tidak hanya menggunakan kekuatan persenjataan konvensional, melainkan sudah menggunakan alutsista modern, salah satunya dengan menggunakan pesawat nirawak (UAV).

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

"Dan ini juga tidak menutup kemungkinan menjadi ancaman juga bagi kita, oleh karena itu kita harus mempersiapkan unsur-unsur kita dengan peralatan elektronik jammer yang canggih dan bisa menghalau drone itu," kata KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali usai menyaksikan demonstrasi peperangan anti-udara yang dilakukan oleh prajurit TNI AL di Pangkalan Koarmada I, Pondok Dayung, Jakarta Utara.

Dia pun menegaskan, bahwa modernisasi alutsista TNI Angkatan Laut untuk mengantisipasi terjadinya serangan di era-modern harus dilakukan bagi kekuatan matra laut demi menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada aspek maritim.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

"Untuk itu kita harus memperbarui dan memodernisasi beberapa peralatan senjata yang ada di kapal," ujarnya.

"Dan ini sedang kita laksanakan bertahap dan juga kita melengkapi armada kita dengan drone juga, jadi kita harus memiliki drone atau UAV yang kita siapkan untuk menghadapi peperangan di masa depan," tambahnya.

Terkait dengan kemampuan anggaran, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali menjelaskan, pihaknya sudah mengajukan anggaran rencana strategis kepada Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI). Dan saat ini, lanjut KSAL, pemerintah tengah mempersiapkan anggaran untuk rencana pengadaan sejumlah alutsista modern yang akan digunakan untuk TNI Angkatan Laut dan Korps Marinir TNI AL.

"Anggaran sedang disiapkan dan itu masuk di PLN (Pinjaman Luar Negeri) dan PDM (Pinjaman Dalam Negeri) dan juga anggaran rutin juga kita siapkan, termasuk peperangan di hutan atau darat, kita juga sedang menggunakan drone-drone yang bisa memiliki alat deteksi yang bisa mendapatkan suhu badan panas atau yang kita namakan dengan thermal. Nah itu kita lengkapi drone-dronenya itu," kata Laksamana Muhammad Ali.

"Pasukan Marinir kita juga kita lengkapi, kapal-kapal juga kita siapkan," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya