Penampakan Sosok Sniper Kopasgat TNI di Balik Kabut Lembah Bromo Dekat Pesawat Presiden Jokowi

VIVA Militer: Sniper Yonko 464 Nanggala Kopasgat TNI AU.
Sumber :
  • Kopasgat

VIVA – Kamis pagi 14 Desember 2023, kesibukan luar biasa terjadi di Pangkalan Udara TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Ribuan prajurit TNI dengan senjata lengkap berjaga-jaga di sekitar landasan pacu hingga ke jalanan menuju pangkalan udara peninggalan Belanda itu.

Tak lama kemudian, sebuah pesawat Boeing 737-800 berwarna merah putih mendarat di apron Lanud Abd Saleh, pesawat itu tak lain adalah pesawat kepresidenan BJJ 2/A-001 alias Indonesia One.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

VIVA Militer: Danrem 083 sambut Presiden Jokowi di Malang.

Photo :
  • Korem 083

Setelah mendarat mulus, terlihat Presiden Joko Widodo didampingi Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto menuruni pesawat, di landasan pacu sejumlah petinggi TNI Angkatan Udara seperti Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Malang Marsma TNI Firman Wirayuda, dan petinggi TNI Angkatan Darat, Komandan Komando Resor Militer 083/Baladhika JayaKolonel Inf Jamaludin sudah berdiri menyambut kehadiran orang nomor satu Indonesia itu.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Tak lama, Presiden pun meninggalkan lanud dengan pengawalan ketat dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan prajurit TNI dari berbagai satuan dan matra.

VIVA Militer: Pasukan Yonko 464 Nanggala Kopasgat TNI AU.

Photo :
  • Kopasgat

Perlu diketahui, bahwa ternyata sejak pesawat presiden masih mengudara hingga mendarat. Di balik kabut lembah Bromo yang menyelimuti area lanud, TNI telah menempatkan penembak runduk alias penembak jitu atau sniper di titik-titik penting.

Seperti yang tampak di atas menara ATC. Sejumlah sniper berbaju serba hitam dengan topi hitam bertuliskan 464 siaga penuh dengan senjata dan teropong mereka.

Sosok sniper ini bukan prajurit TNI kaleng-kaleng, mereka merupakan sniper terbaik yang dikerahkan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) dari Batalyon Komandao (Yonko)464/Nanggala Kopasgat pimpinan Letnan Kolonel Pas Puthut.

Berdasarkan siaran resmi Kopasgat dilansir VIVA Militer, khusus dalam Pengamanan VVIP kali ini, korps baret jingga enggak cuma mengerahkan sniper tapi juga tim Pam Matan dilengkapi kendaraan tempur turangga. Dan pasukan tempur yang siaga di ring 3.

VIVA Militer: Sniper Yonko 464 Nanggala Kopasgat TNI AU.

Photo :
  • Kopasgat

Menurut Letkol Pas Puthut pengerahan sniper dan pasukan tempur dari Yonko 464 Nanggala ini merupakan Standart Operasional Prosedur (SOP) pengamanan VVIP. Tugas pasukan ini mengamankan Presiden dan romongan dari mulai saat pesawat kepresidenan landing hingga takeoff meninggalkan wilayah lanud.

"PAM VVIP merupakan hal yang sudah sering kita laksanakan baik even nasional maupun internasional, namun hal tersebut jangan dijadikan hal yang biasa sehingga mengurangi tingkat kewaspadaan prajurit sekalian, tidak ada daerah yang aman saat melaksanakan tugas pengamanan, tetaplah mempunyai prinsip tak sejengkal pun tanah yang kita injak ini aman di manapun itu," ujar Letkol Pas Puthut.

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Malang, Jawa Timur untuk meresmikan pasar dan membagikan bantuan kepada masyarakat di Kota Batu. Di sana, Presiden dan rombongan juga mengunjungi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kota Malang untuk mengecek kegiatan pembelajaran dan infrastruktur.

Baca: Awas Penipuan... Pendaftaran Buat Jadi Prajurit TNI Angkatan Laut Sudah Dibuka

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya