Danlanud Malang Lantik 2 Komandan Skadron Udara Sekaligus, Siapa Saja Mereka?

VIVA Militer: Danlanud Abdulrahman Saleh Lantik Komandan Skadron Udara 32 dan 21
Sumber :
  • Dispen Lanud Abdulrahman Saleh

Malang – Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Abdulrahman Saleh Marsekal Pertama (Marsma) TNI Firman Wirayuda baru saja melantik dua Komandan Skadron Udara (Skadud) yang baru dibawah jajaran Lanud Abdulrahman Saleh, Malang. 

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Dua Komandan Skadron Udara yang baru dilantik itu adalah Komandan Skadron Udara 32 dan Komandan Skadron Udara 21.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dinas Penerangan Lanud Abdulrahman Saleh Malang, Selasa, 16 Januari 2024, pelantikan dua pejabat strategis yang baru itu dilakukan melalui upacara militer Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dipimpin langsung oleh Danlanud Abdulrahman Saleh Marsma TNI Firman Wirayuda pada hari Senin, 15 Januari 2024 kemarin.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Danlanud Abdulrahman Saleh Marsma TNI Firman menyerahkan tongkat komando Danskadud 32 dari Letkol Pnb Yudhi Bandung Sukarmanto kepada Letkol Pnb Fandi Abdillah Pulungan, sementara untuk jabatan Danskadron Udara 21 diserahkan kepada Mayor Pnb Sufriadi Aziz.

Sebagaimana tradisi upacara militer di lingkungan TNI, rangkaian sertijab diawali dengan pengambilan sumpah jabatan, penanggalan dan penyematan tanda pangkat, serta tanda jabatan kemudian penyerahan tongkat komando dan dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas dan naskah berita acara serah terima jabatan.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Dalam amanatnya Danlanud Abdulrahman Saleh Marsma TNI Firman Wirayuda menyampaikan, bahwa serah terima jabatan merupakan bagian dari dinamika yang senantiasa terjadi dalam rangka pembinaan personel dan organisasi. 

"Serah terima jabatan ini juga merupakan wujud dari adanya regenerasi kepemimpinan yang harus terus dijaga dan dilaksanakan secara berkesinambungan," kata Marsma TNI Firman Wirayuda di Lapangan Apel Skadron Udara 32, Lanud Abdulrahman Saleh, Malang.

Dalam kesempatan tersebut Danlanud juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Letkol Pnb Yudhi Bandung Sukarmanto beserta Ibu Sari Yudhi Bandung atas dedikasi dan pengabdiannya selama ini sehingga berhasil meningkatkan kinerja satuan serta mampu menampilkan hasil terbaik di bidang operasi, pembinaan personel, maupun pembinaan materiil, serta peningkatan kesejahteraan keluarga melalui PIA AG.

"Bapak dan Ibu juga telah berhasil membangun hubungan yang baik dengan seluruh stakeholder yang ada di wilayah Lanud dan Insub, selama menjabat sebagai Komandan dan Ketua Ranting PIA AG Skadron Udara 32," ujarnya.

Tidak hanya itu, Danlanud juga mengucapkan selamat kepada Danskadron Udara 21 yang baru, Mayor Pnb Sufriadi Aziz M atas kepercayaan atas penugasan barunya sebagai Danskadud 21 Lanud Abdulrahman Saleh, Malang.

Untuk diketahui, Letkol Pnb Fandi Abdillah Pulungan merupakan salah satu Perwira Menengah (Pamen) TNI AU lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 2004. Sebelum menjabat Danskadron Udara 32, Letkol Fandi menjabat Kaopslat Wing 2 Lanud Abdulrahman Saleh. Dia dipercaya menggantikan Danskadron Udara 32 sebelumnya yaitu Letkol Pnb Yudhi Bandung Sukarmanto yang akan bertugas sebagai Pabandyajakstra Paban I/Renstra Srenaau. 

Sedangkan Danskadron Udara 21 yang baru, Mayor Pnb Sufriadi Aziz M, dia sebelumnya pernah menjabat sebagai Kafaslat Wing 2 Lanud Abdulrahman Saleh, Malang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya