Anggota Marinir Gadungan Tak Berdaya Dibekuk Intel Hantu Laut di Terminal Bus Maospati

VIVA Militer: Marinir gadungan ditangkap di Terminal Bus Maospati
Sumber :
  • Dispen Kormar

Magetan – Seorang anggota Marinir gadungan yang bernama Faldi Hidayat (22) tak berkutik ketika berhadapan dengan prajurit Marinir TNI AL sesungguhnya. 

Viral Remaja Aniaya Bocah di Bandung, Ngaku Keponakan Jenderal TNI

Faldi yang belakangan diketahui sebagai warga Krian, Sidoarjo, Jawa Timur itu ternyata adalah pelaku tindak pidana pencurian dan perampasan kendaraan bermotor yang kerap kali meresahkan warga. 

Parahnya lagi, untuk memuluskan aksinya Faldi sering kali mengaku sebagai seorang anggota Marinir dengan nama Varis RM dengan pangkat Sersan Dua (Serda).

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Faldi tidak dapat berkutik ketika berhadapan dengan prajurit Marinir sesungguhnya. Dia dibekuk tak berdaya di Terminal Bus Maospati Jl. Raya Maospati, Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan Jawa Timur oleh Tim dari Denintel Pasmar 2 dan Sintel Lanmar Surabaya, Selasa pagi, 16 Januari 2024.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispen Kormar, penangkapan oknum Marinir gadungan itu bermula dari adanya laporan dari masyarakat bahwa di Terminal Bus Kota Madiun pada hari Senin tanggal 15 Januari 2023 sekitar pukul 16.00 WIB tentang adanya seseorang yang mengaku sebagai prajurit Marinir dengan nama Varis RM pangkat Serda.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Kemudian, Tim dari Denintel Pasmar 2 dan Sintel Lanmar Surabaya yang berada disekitar Terminal Bus Kota Madiun, hari Selasa tanggal 16 Januari 2023 sekitar pukul 08.30 WIB mendapat informasi bahwa seseorang yang mengaku sebagai prajurit Marinir tersebut berada di Terminal Bus Maospati Jl. Raya Maospati, Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan.

VIVA Militer: Marinir gadungan atas nama Faldi (tengah) ditangkap Intel Pasmar 2

Photo :
  • Dispen Kormar

Tak lama berselang, prajurit Korps Marinir TNI AL yang dijuluki Hantu Laut dari Denintel Pasmar 2 dan Sintel Lanmar Surabaya melakukan pencarian dan sekitar pukul 09.30 WIB berhasil menangkap Faldi Hidayat yang belakangan diketahui sebagai warga Krian Sidoarjo pelaku tindak pidana pencurian dan perampasan kendaraan bermotor dengan menggunakan pakaian dinas lapangan TNI AL yang mengaku sebagai prajurit Marinir dengan nama Varis RM pangkat Serda.

Komandan Detasemen Intelijen Pasmar 2 Mayor Marinir Deny Kusmana mengatakan, bahwa sejak bulan Juni 2023 sedikitnya terdapat 7 orang korban yang sudah melaporkan Faldi Hidayat ke Polres Gresik, ke Polsek Trawas Mojokerto, ke Polsek Cerme Gresik dan ke Polsek Dringu Probolinggo. 

Menurut Mayor Marinir Deny, ternyata Faldi kerap kali beraksi dan tak jarang mengelabui korbannya dengan mengaku sebagai seorang prajurit Marinir berpangkat Serda. Saat ini, anggota Marinir gadungan itu sudah diserahkan ke pihak kepolisian untuk proses hukum lebih lanjut.

"Akibat dari perbuatannya, selanjutnya Faldi Hidayat diserahkan ke Polres Gresik untuk mempertanggungjawabkan atas perbuatannya," kata Mayor Marinir Deny Kusmana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya