25 Hari Berlayar, Kapal Rumah Sakit TNI AL Pembawa Bantuan Korban Perang Gaza Akhirnya Tiba di Mesir

VIVA Militer: KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 tiba di El-Arish, Mesir
Sumber :
  • Dispenal

Jakarta – Kapal rumah sakit milik TNI AL, KRI dr.Radjiman Wedyodiningrat-992 (KRI RJW-992) pembawa bantuan kemanusiaan untuk korban perang Gaza, Palestina sudah tiba di Mesir.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

KRI dr.Radjiman Wedyodiningrat-992 yang tergabung dalam Satgas Port Visit Mesir 2024 itu tiba di Pelabuhan El-Arish, Mesir pada hari Selasa, 13 Februari 2024 lalu setelah mengarungi laut lepas selama 25 hari.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispenal, Kamis, 15 Februari 2024, kedatangan Satgas Port Visit Mesir itu disambut oleh Deputy Chief Mission (DCM) M. Zaim A. Nasution, Athan RI Cairo Kolonel Kav Aria Sanggita Saleh, Asathan RI Cairo Mayor Mar Aji Purnomo, Staf Kantor  Athan RI Waras Winarno, staf KBRI Cairo, Perwakilan ERC Ahmed Buhaeri Ali, Perwakilan Ot. Pelabuhan, dan Perwakilan Agen Pelayaran Mr. Nagib.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Dalam sambutannya, Dansatgas Port Visit Mesir 2024, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Sumarji Bimoaji, menyampaikan bahwa Bantuan kemanusiaan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah dan rakyat Indonesia untuk membantu para korban konflik berkepanjangan antara Israel dan Hamas di Gaza, Palestina. 

"Diharapkan dengan bantuan ini dapat membantu dan meringankan para korban konflik Gaza," kata Dansatgas Laksma TNI Sumarji Bimoaji.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

VIVA Militer: Dansatgas Laksma TNI Sumarji serahkan bantuan kemanusiaan ke ERC

Photo :
  • Dispenal

Bantuan kemanusiaan tersebut selanjutnya diserahkan kepada perwakilan Bulan Sabit Merah Mesir (Egyptian Red Crescent/ERC) untuk kemudian didistribusikan oleh pihak-pihak terkait ke sejumlah titik yang memang sudah dipetakan oleh otoritas setempat.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, TNI AL telah mengumpulkan bahan bantuan dari masyarakat Indonesia untuk masyarakat sipil di Gaza sejak awal November tahun 2023 lalu. Pemberian bantuan tersebut terpusat di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta dan Komando Armada II (Koarmada II) Surabaya.

KRI RJW-992, kapal bantu rumah sakit milik TNI AL ini berlayar dari Jakarta pada 18 Januari 2024 lalu dari Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara dengan diperkuat oleh 214 personel Satgas Port Visit Mesir dari berbagai unsur, baik itu unsur prajurit TNI AL, medis, serta para diplomat Pemerintah Indonesia lainnya. 

Debarkasi Bantuan Kemanusiaan

Komandan Satgas Port Visit Mesir 2024, Laksma TNI Sumarji Bimoaji secara resmi menyerahkan bantuan kemanusiaan Pemerintah Indonesia untuk para korban perang Gaza kepada Perwakilan Egypt Red Crescent (Bulan Sabit Merah Mesir/ERC) Ahmed Buhaeri Ali di Pelabuhan El Arish mesir, Rabu, 13 Februari kemarin. 

VIVA Militer:Prajurit TNI AL bantu proses Debarkasi bantuan kemanusiaan di Mesir

Photo :
  • Dispenal

Debarkasi atau bongkar muat bantuan kemanusiaan untuk korban perang Gaza pun langsung dilakukan. Proses debarkasi (bongkar muat) sebanyak 242 ton bantuan sedang dilakukan secara bertahap dan diperkirakan akan berlangsung selama 4 hari. 

Bantuan kemanusiaan yang akan disalurkan antara lain bahan makanan, alat medis, obat-obatan, selimut, tenda, dan barang logistik lainnya yang dibutuhkan oleh para korban konflik di Gaza.

Setelah tahap debarkasi (bongkar muat) ini selesai, rencananya bantuan akan dikirimkan oleh pihak ERC masuk ke Gaza melalui perbatasan Rafah, untuk kemudian dibawa masuk dan disalurkan ke korban konflik di Gaza.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit Jalasena yang tengah mengemban misi mulia bahwa TNI AL berkomitmen untuk memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia maupun internasional termasuk dalam misi perdamaian dan kemanusiaan.

Tidak hanya itu, KSAL juga berpesan kepada seluruh prajurit Jalasena yang tengah menjalankan misi kemanusiaan di perbatasan Palestina agar senantiasa menjaga nama baik TNI, khususnya TNI AL, bangsa, dan negara di kancah internasional.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya