Rotasi Besar-besaran di Tubuh TNI, 3 Jenderal Bintang Tiga TNI AD Diganti

VIVA Militer: Wakasad Letjen TNI Arif Rahman
Sumber :
  • Kodiklatad

Jakarta – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto kembali melakukan rotasi dan mutasi sejumlah Perwira Tinggi (Pati) TNI tiga matra. Kali ini terdapat 38 Pati TNI yang dirotasi oleh Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Tinggalkan Kodam Jaya, Mayjen TNI Putranto Gatot Terima Tongkat Komandan Dewa Perang TNI

Dari 38 Pati TNI yang dirotasi Panglima TNI, terdapat dua nama pesohor TNI yang turut mengalami pergantian jabatan. Mereka adalah Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Letjen TNI Arif Rahman dan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) Mayjen TNI Deddy Suryadi.

Posisi Letjen TNI Arif Rahman akan digantikan dengan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tandyo Budi Revita. Mayjen TNI Tandyo dipercaya menempati posisi jabatan orang nomor dua di jajaran matra TNI AD menggantikan Letjen TNI Arif Rahman yang akan memasuki masa purna tugas sebagai prajurit aktif TNI AD dalam waktu dekat ini.

Panglima TNI Lantik Marsda TNI Khairil Lubis Jadi Pangkogabwilhan II

Sementara, Danjen Kopassus saat ini yaitu Mayjen TNI Deddy Suryadi dipercaya untuk menduduki posisi barunya sebagai Pangdam IV/Diponegoro.

Lalu, Brigjen TNI Djon Afriandi yang sebelumnya menjabat sebagai Staf Khusus Kasad mendapatkan promosi jabatan untuk memegang tongkat komando pasukan elite TNI AD, yaitu Danjen Kopassus menggantikan Mayjen TNI Deddy Suryadi. 

Alasan Pengemudi Fortuner Arogan Palsukan Pelat TNI Jalani Pemeriksaan Psikologi

VIVA Militer: Danjen Kopassus Mayjen TNI Deddy Suryadi

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Puspen TNI, Kamis, 22 Februari 2024, pergantian atau rotasi jabatan itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/216/II/2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

“Telah resmi ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 38 Pati (Perwira Tinggi) TNI terdiri dari: 28 Pati TNI AD, 3 Pati TNI AL, dan 7 Pati TNI AU,” ujar Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar dalam keterangan resminya.

Untuk diketahui, selain jabatan Wakasad dan Danjen Kopassus, beberapa pejabat teras TNI juga mengalami pergantian. Diantaranya adalah Letjen TNI Hilman Hadi dari Irjenad menjadi Pati Mabes TNI AD (dalam rangka pensiun). Kemudian, Mayjen TNI Erwin Djatniko dari Pangdam III/Siliwangi mendapatkan promosi menjadi Irjenad menggantikan Letjen TNI Hilman.

Sementara, posisi Pangdam III/Siliwangi akan ditempati oleh Mayjen TNI Mohammad Fadjar yang sebelumnya menjabat Dirjen Pothan Kemhan.

Lalu, ada nama Letjen TNI Anton Nugroho yang saat ini menjabat Danpussenif. Jenderal bintang tiga TNI AD itu dimutasi menjadi Staf Khusus Kasad. Dan Letjen TNI Teguh Muji Angkasa yang saat ini menjabat  Danpusterad akan menempati posisi Danpussenif menggantikan Letjen TNI Anton Nugroho.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya