Panglima TNI Agus Subiyanto Ganti 5 Pangdam Sekaligus

VIVA Militer: Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto
Sumber :
  • Puspen TNI

Jakarta – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto kembali melakukan rotasi dan mutasi terhadap 38 Perwira Tinggi (Pati) TNI di lingkungan TNI. Dari 38 Pati TNI yang dimutasi, terdapat 28 Pati TNI yang berasal dari matra darat atau TNI AD.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Puspen TNI, Kamis, 22 Februari 2024, pergantian jabatan atau rotasi yang dilakukan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/216/II/2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

“Telah resmi ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 38 Pati (Perwira Tinggi) TNI terdiri dari: 28 Pati TNI AD, 3 Pati TNI AL, dan 7 Pati TNI AU,” kata Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar.

Terpopuler: Deretan Negara Bantu Israel, Pendeta Gilbert Dilarang ke Makassar hingga Iran Diserang

Dari penelusuran VIVA Militer, diantara 28 Pati TNI AD yang mengalami pergantian posisi, terapat lima Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) yang dipegang oleh jenderal bintang dua TNI AD turut mengalami pergantian jabatan. Kelima Panglima Kodam itu adalah, Panglima Kodam (Pangdam) Iskandar Muda, Pangdam III/Siliwangi, Pangdam IV/Diponegoro, Pangdam IX/Udayana, dan Pangdam XIII/Merdeka.

Pangdam Iskandar Muda (IM) yang sebelumnya dipegang oleh Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, kini ditempati oleh Dansecapaad Mayjen TNI Niko Fahrizal. Sementara, Mayjen TNI Novi akan menempati posisi barunya sebagai Aster Panglima TNI.

Basis OPM Paro Nduga Lumpuh Digempur TNI, 2 Anak Buah Egianus Kogoya Tertembak

Kemudian, Pangdam III/Siliwangi yang sebelumnya dijabat oleh Mayjen TNI Erwin Djatniko, kini di pegang oleh Mayjen TNI Mohammad Fadjar yang sebelumnya menjabat Dirjen Pothan Kemhan RI. Sementara, Mayjen TNI Erwin dipercaya oleh Panglima TNI akan menduduki jabatan baru sebagai Irjenad.

Lalu, Mayjen TNI Tandyo Budi Revita yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam IV/Diponegoro, mendapatkan promosi menjadi Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) menggantikan Letjen TNI Arif Rahman yang akan memasuki masa pensiun. Sementara, posisi Pangdam Diponegoro akan ditempati Mayjen TNI Deddy Suryadi yang sebelumnya menjabat Danjen Kopassus.

Selanjutnya, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, kini dirotasi menjadi Pa Sahli Tk. III Bid. Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI. Sementara, posisi Pangdam Udayana akan ditempati oleh Mayjen TNI Bambang Trisnohadi dari Dirjen Strahan Kemhan RI.

Terakhir, posisi Pangdam XIII/Merdeka yang sebelumnya dipegang oleh Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko, akan digantikan oleh Mayjen TNI Candra Wijaya yang sebelumnya menjabat Danpussenarhanud TNI. Sementara, Mayjen TNI Legowo Jatmiko ditunjuk oleh Panglima TNI untuk menempati posisi barunya sebagai Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Banusia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya