Tiba di Jawa Usai Lumpuhkan 6 OPM, Komandan Raider 300 Maung Siliwangi TNI Sujud Cium Bumi

VIVA Militer: Komandan Pasukan Raider 300 Maung Siliwangi sujud.
Sumber :
  • Yonif Raider 300 Braja Wijaya

VIVA – Setelah sembilan bulan menghuni pedalaman Papua dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Mobile, akhirnya prajurit TNI dari Batalyon Infanteri Raider 300/Braja Wijaya, kembali ke markas mereka di Cianjur, Jawa Barat.

Kabar Duka TNI, Kolonel IG Agung Suryawijaya Meninggal Dunia

Pasukan Satgas Yonif 300/Braja Wiajaya tiba di Pulau Jawa secara bergelombang dengan menggunakan pesawat komersil dari Bandar Udara Mimika ke Bandara Halim Perdanakusuma.

Berdasarkan informasi yang diterima VIVA Militer, Senin 26 Februari 2024, kepulangan Satgas Yonif 300/BJW disambut langsung oleh Wakil Asisten Operasi Pangdam Siliwangi.

5 Negara Eropa yang Memiliki Kekuatan Militer Terkuat, Ada yang Masih Berperang

VIVA Militer: Pasukan Raider 300 Maung Siliwangi kembali ke markas

Photo :
  • Yonif Raider 300 Braja Wijaya

Usai dikalungi bunga, sang Komandan Raider 300 Maung Siliwangi, Letnan Kolonel Inf Afri Swandi Ritonga dan pasukannya bergerak menuju ke markas mereka di Karangtengah, Cianjur. Setiba Cianjur, mereka tak langsung turun di depan pintu markas, tapi rombongan berhenti beberapa ratus meter dari markas.

Panglima TNI Tunjuk Jenderal Berdarah Timor Leste Jadi Danrem 151/Binaiya Ambon, Ini Profilnya

Dengan dipimpin Letkol inf Afri Swandi berjalan paling depan, pasukan Raider 300 berbaris memanjang menuju markas dengan berjalan kaki. Sepanjang jalan menuju markas, ribuan masyarakat Cianjur menyambut mereka dengan lambaian tangan dan ucapan terima kasih.

VIVA Militer: Pasukan Raider 300 Maung Siliwangi kembali ke markas

Photo :
  • Yonif Raider 300 Braja Wijaya

Di depan markas alumni Akademi Militer 2004 ARUPADATU itu langsung disambut sang istri dan Karoum dengan upacara penyambutan. Rangkaian buang dikalungkan sang istri ke leher Letkol Inf Afri. Mereka pun perpelukan melepas rindu yang telah terendam lama.

Letkol Inf Afri lalu memimpin pasukannya bergerak ke dalam markas dan sebuah peristiwa haru pun terjadi saat seluruh prajurit pemukul andalan Kodam Siliwangi itu berada di lapangan utama kesatriaan.

VIVA Militer: Komandan Pasukan Raider 300 Maung Siliwangi sujud.

Photo :
  • Yonif Raider 300 Braja Wijaya

Letkol Inf Afri Swandi Ritonga tiba-tiba menjatuhkan tubuhnya ke tanah dan bersujud mencium bumi sebagai ungkapan rasa syukur atas pertolongan dan perlindungan yang telah diberikan Allah SWT hingga mereka bisa kembali dalam kondisi baik ke markas dan menorehkan keberhasilan di wilayah operasi.

Untuk diketahui, Satgas Yonif Raider 300/Braja Wijaya dikerahkan TNI Angkatan Darat ke Papua untuk ditugaskan menjaga keamanan di wilayah Puncak, salah satu daerah yang menjadi sarang alias basis kuat dari Kelompok Separatis Teroris (KST) OPM.

Selama sembilan bulan di Puncak, OPM dibuat tak berdaya oleh pasukan Braja Wijaya, terbukti enam anggota OPM berhasil dilumpuhkan saat melancarkan teror bersenjata ke masyarakat. Enggak cuma itu, dua anggota OPM ditangkap berikut senjata api.

Enggak cuma bertempur menumpas OPM, tapi di Puncak pasukan 300 Braja Wiajaya juga melancarkan operasi kemanusiaan menuntaskan kesulitan yan dialami masyarakat setempat. Saat ini, tugas suci yang diemban Letkol Inf Afri Swandi di Kabupaten Puncak dilanjutkan oleh pasukan tempur dari Yonif Raider 323/Buaya Putih, Kostrad di bawah pimpinan Letkol Inf Tri Wiratno.

Baca: Terjang Rampok Berpistol Hingga Terjungkal, Kapten Kopassus Paspampres TNI Ditabrak dari Belakang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya