Masuk Zona Hitam OPM, Pasukan Buaya Putih Kostrad TNI Disambut Senyuman

VIVA Militer: Pasukan Yonif 323 Buaya Putih Kostrad di Kampung Wako, Ilaga.
Sumber :
  • Penerangan Kostrad

VIVA – Setelah menempuh perjalanan panjang dari Kota Banjar, Jawa Barat, akhirnya Satuan Tugas Batalyon Infanteri Raider 3232/Buaya Putih, Kostrad, TNI Angkatan Darat tiba di Kabupaten Puncak, Papua.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Sebanyak 450 prajurit TNI Satgas Yonif 323/Buaya Putih menginjakkan kaki di salah satu zona hitam Kelompok Separatis Teroris (KST) OPM itu dengan dipimpin Komandan Satgas, Letnan Kolonel Inf Tri Wiratno.

Berdasarkan siaran resmi Penerangan Kostrad dilansir VIVA Militer, Senin 26 Februari 2023, setiba di Puncak, pasukan tempur andalan Brigif Raider 13/Galuh langsung memasuki salah satu kampung di Distrik Ilaga yang selama ini dikenal horor karena kerap mendapat gangguan keamanan dari KST OPM, yakni Kampung Wako.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

VIVA Militer: Pasukan Yonif 323 Buaya Putih Kostrad di Kampung Wako, Ilaga.

Photo :
  • Penerangan Kostrad

Di Kampung Wako, para prajurit Pusukan Buaya Putih dari Pos Komando Distrik Persiapan langsung turun ke masyarakat. Di bawah pimpinan Komandan Pos, Letnan Satu Inf A Wahyu, para prajurit mendatangi satu-persatu honai.

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

Kedatangan Pasukan Buaya Putih ke Kampung Wako ternyata disambut baik oleh masyarakat, mereka tak sungkan-sungkan bercengkrama dan tak henti menebar senyuman sebagai bentuk penerimaan baik.

"Kami menyambut baik kedatangan bapak-bapak di sini, semoga bapak TNI diberikan keselamatan dan kesehatan selama bertugas," kata Kepala Kampung Wako, Tinus Waker.

VIVA Militer: Pasukan Yonif 323 Buaya Putih Kostrad di Kampung Wako, Ilaga.

Photo :
  • Penerangan Kostrad

Pasukan Buaya Putih enggak cuma datang dengan tangan kosong. Sejak dari pos mereka sudah menyiapkan buah tangan berupa makanan ringan dan buku tulis sebagai buah tangan untuk anak-anak Kampung Wako.

"Kegiatan tersebut selain untuk memperkokoh kemanunggalan, juga membangun silaturahmi serta mempererat kebersamaan antara Satgas Yonif 323/BP Kostrad dan warga Kampung Wako di pedalaman Papua," kata Letkol Inf Tri Wiratno, alumni Akademi Militer 2004 ARUPADATU.

Untuk diketahui, Pasukan Buaya Putih akan bertugas di wilayah Ilaga hingga sembilan bulan sampai satu tahun ke depan. Mereka ditugaskan di wilayah ini menggantikan Satgas Yonif 300/Braja Wijaya, Kodam Siliwangi.

Baca: Bentrok Lawan Pasukan Rajawali Hantu Laut Marinir TNI, OPM Babak Belur Tewas Bersimbah Darah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya