Di Negara Ini, Naik Taksi 1,4 Kilometer Bayarnya Rp134 Ribu

Mobil listrik jadi taksi di Jepang
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Mobil ramah lingkungan tentu memiliki emisi gas karbon yang rendah, seperti halnya mobil listrik dan hybrid. Namun, karena setiap negara memiliki infrastruktur dan regulasi berbeda-beda, maka tidak semua negara bisa menjual mobil jenis tersebut.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Seperti halnya Indonesia, yang hingga saat ini pemerintah masih terus berkelit dengan pembentukan payung hukumnya. Berbeda dengan Jepang, mobil bertenaga listrik sudah berseliweran sejak beberapa tahun lalu dan menjadi tren untuk semua kalangan.

Bukan hanya sebagai mobil pribadi, tapi beragam perusahaan taksi pun menggunakan mobil yang irit bahan bakar tersebut sebagai moda transportasinya. Dalam perjalanan VIVA di Negeri Matahari Terbit terlihat ada beberapa merek mobil bertenaga listrik yang dijadikan taksi.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Yang pertama ada Nissan Serena e-Power dan Note e-Power. Teknologi yang diadopsi Nissan ini berbeda dengan hybrid. Karena tenaga untuk menggerakkan rodanya adalah motor listrik, jika baterainya habis yang melakukan pengisian adalah mesin berbahan bakarnya.

Mobil listrik jadi taksi di Jepang

GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat

Sementara itu, hybrid mesin berbahan bakarnya tetap menggerakkan roda, yakni kombinasi antara motor listrik dan mesin bensin. Seperti halnya Toyota Crown, Camry hybrid dan Honda Clarity plug in hybrid yang digunakan sebagai taksi di Negeri Matahari Terbit tersebut.

Toyota Prius yang juga digunakan sebagai taksi sudah full electric. Jadi tidak ada mesin berbahan bakar lagi. Nah, untuk tarif taksi memang terbilang mahal karena untuk menempuh jarak 1,4 kilometer saja biayanya 1.000 yen atau setara Rp134 ribuan.

Mobil Chery Omoda E5 yang Ditabrakkan ke Tembok Mal oleh Anak Kecil

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

PT Chery Sales Indonesia (CSI) buka suara terkait video viral di media sosial yang menunjukkan seorang anak kecil menabrakkan mobil listrik Omoda E5 ke tembok di mall.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024