Sambut Era Mobil Listrik, Produsen Minta Waktu Dua Tahun

Mobil Listrik Mitsubishi Outlander PHEV
Sumber :
  • ANTARA Foto/Sigid Kurniawan

VIVA – Rencana pemerintah untuk mengembangkan teknologi listrik di kendaraan, sudah tercetus sejak beberapa tahun lalu. Meski saat ini prosesnya sudah berjalan, namun belum ada payung hukum yang resmi dikeluarkan.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Padahal, aturan tersebut dibutuhkan oleh para pelaku industri, untuk menyusun rencana jangka panjang mereka. Mulai dari mempersiapkan teknologinya, hingga mencari penyedia komponen dan menentukan harga jual.

Soal harga, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian berjanji, akan melakukan harmonisasi skema Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM). Nantinya, besar pajak yang harus dibayar tidak berdasarkan kapasitas mesin, melainkan emisi gas buang.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

“Skema harmonisasi ini, diharapkan bisa mengubah kendaraan produksi dalam negeri menjadi rendah emisi, meningkatkan investasi dan memperluas pasar ekspor,” kata Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, melalui keterangan yang diterima VIVA, Selasa 12 Maret 2019.

Harmonisasi skema PPnBM ini, sekaligus memberikan insentif produksi motor dan mobil listrik di Tanah Air. Sehingga, PPnBM untuk jenis kendaraan tersebut menjadi nol persen.

GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat

Airlangga mengatakan, perubahan skema PPnBM ini diproyeksikan berlaku pada 2021. Hal tersebut mempertimbangkan pada kesiapan para pelaku usaha, mulai dari penyesuaian teknologi hingga memenuhi syarat untuk mendapatkan insentif.

“Kami sudah berdiskusi dengan para pelaku usaha. Mereka minta waktu dua tahun untuk menyesuaikan. Pabrikan Jepang yang sudah existing di industri otomotif sudah siap, juga pabrikan dari Eropa,” tuturnya. (kwo)

Mobil Chery Omoda E5 yang Ditabrakkan ke Tembok Mal oleh Anak Kecil

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

PT Chery Sales Indonesia (CSI) buka suara terkait video viral di media sosial yang menunjukkan seorang anak kecil menabrakkan mobil listrik Omoda E5 ke tembok di mall.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024