Ada yang Aneh di Video Aksi Debt Collector Ini

Video pemilik mobil mengaku jadi korban debt collector
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Untuk memudahkan masyarakat memiliki kendaraan bermotor, ada sistem pembayaran secara kredit yang disediakan oleh perusahaan penyedia jasa pembiayaan.

Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum dengan Sesama Jenis, Kantor Disegel

Cukup membayar uang muka dan biaya pengurusan, maka mobil bisa langsung dibawa ke rumah. Setiap bulan, pemilik mengangsur sesuai dengan nominal yang sudah disetujui.

Meski demikian, ada saja konsumen yang tidak melaksanakan kewajibannya. Walau tidak ada pengakuan resmi, namun perusahaan leasing disebut-sebut menggunakan jasa penagih utang atau debt collector untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Remaja yang Viral Keroyok Pelajar SMP di Makassar Ditangkap, Ada 5 Pelaku Masih Dibawah Umur

Biasanya, konsumen yang jadi target operasi mereka adalah yang terlambat melakukan pembayaran lebih dari tiga bulan. Cara penyelesaiannya bermacam-macam, mulai dari mendatangi rumah penunggak utang hingga mencegat di jalan.

Seperti yang ada dalam video di bawah ini. Dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram @makasar_iinfo, Selasa 16 Maret 2021, seorang pemilik mobil mengaku dicegat debt collector karena dianggap belum membayar angsuran kredit.

Viral Pelamar Kerja Wanita Dilecehkan saat Wawancara

Dalam video yang diunggah, korban mengatakan bahwa mobil tersebut status pembayarannya sudah lunas. Itu sebabnya, ia menolak tudingan masih menunggak dan membuat rekaman video untuk menakut-nakuti pelaku.

“Dibilang nunggak, ini mobil saya, ini sudah lunas,” ujarnya.

Korban kemudian meminta pelaku untuk menunjukkan surat tugas, yang menyatakan bahwa korban tidak menjalankan kewajibannya. Namun, pelaku hanya menyodorkan secarik kertas dan kemudian terdiam.

“Ini debt collector enggak jelas. Saya bilang mobil sudah lunas, memang benar sudah lunas,” tutur korban.

Karena korban terus mengambil gambar, akhirnya pelaku yang berjumlah tiga orang memutuskan untuk membatalkan rencana dan pergi dari lokasi.

Namun, ada satu hal yang janggal terlihat pada video tersebut, di mana salah satu pelaku yang dibonceng tiba-tiba turun dari motor, masuk ke dalam mobil dan duduk di jok penumpang depan.

Anehnya, korban yang sepertinya melihat kejadian itu tidak melakukan apa-apa. Hal ini menimbulkan kecurigaan dari warganet, bahwa semua adegan itu sudah diatur sebelumnya.

“Di menit terakhir kenapa itu baju merah ngikut masuk ke mobil,” kata warganet.

“Pengaturan,” tulis warganet lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya