Misteri Kaca Spion Motor Bawaan Pabrik Selalu Lebar Terpecahkan

Spion motor
Sumber :

VIVA –  Spion sepeda motor yang masih bawaan pabrik ukurannya selalu lebar? Itu juga yang membuat banyak pesepeda motor yang menggantinya dengan barang aftermarket, di mana spionnya lebih kecil dan bergaya.

Pemilik Motor Ini Bisa Bikin Tukang Tambal Ban Menangis

Belum lagi, spion dengan ukuran besar terkadang menjadi kendala saat melewat gang sempit. Tapi kini, akhirnya misteri ukuran spion motor yang selalu lebar atau besar itu terpecahkan.

Melansir dari Wahana Honda, ternyata spion dibuat dengan ukuran lebar agara pengendara mampu memantau kondisi di belakang kendaraan dengan jelas. Hal tersebut berbanding terbalik dengan spion modifikasi yang relatif lebih kecil.

Gara-gara Bunyikan Klakson, Pemuda di Maros Tewas

Ilustrasi kaca spion motor.

Photo :
  • Vehq

Dengan jarak pandang yang luas tersebut, blind spot pun bisa dikurangi. Dengan kata lain, pemotor bisa menghindari potensi insiden di jalanan.

Penjualan Sepeda Motor Honda Turun

Aman Saat Menyalip

Spion bawaan motor biasanya sejajar setang atau malah lebih panjang. Jadi, ukuran standarnya ini memungkinkan pemotor selap-selip tanpa membaret kendaraan di kanan dan kiri.

Setelah mengetahui alasan di balik ukuran kaca spion bawaan motor yang memang relatif lebar, semoga kalian tidak ingin buru-buru lagi menggantinya dengan versi modifan yang berukuran lebih kecil.

Sebab, seperti yang telah diurai di awal, kalian akan kesulitan melihat kondisi jalanan di samping maupun belakang. Sebagai gambaran, apabila spion modifan hanya berukuran 10cm, alias lebih kecil dibanding ukuran bawaan pabriknya yang 15cm, tentu saja pandangan kalian menjadi lebih terbatas.

Keterbatasan ini tentu berdampak pada aspek keselamatan berkendara di jalan raya. Jadi, ada baiknya Anda pertimbangkan dulu mengganti spion bawaan motor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya