Orang Malaysia Ini Komentar Sirkuit Mandalika, Begini Katanya

Spot Indah di dekat Sirkuit Mandalika, Ashtari Horizon Restaurant & Lounge
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Sirkuit Mandalika masih menjadi sorotan usai digelarnya tes pra musim MotoGP, pada 11-13 Februari 2022 lalu.

Senora, Mobil Balap Anime Web3 Pertama di Dunia Diluncurkan di Mandalika

Selain pembalap kini bos tim pun ikut mengomentari Sirkuit Mandalika, seperti orang Malaysia yang menjadi Team Principal Yamaha RNF WithU yakni Razlan Razali, yang mengaku ingat Sirkuit Sepang ketika pertama kali ke Mandalika.

Kejadian pada hari pertama test pra musim membuat Sirkuit Mandalika jadi sorotan, pasalnya pelaksanaan tes tak terlalu mulus lantaran aspal beberapa titik lintasan terkelupas, dan batu-batunya dapat membahayakan pebalap

Sebelum Pensiun Pembalap MotoGP Ini Sempat Singgung Emak-emak di Mandalika

Di sisi lain, Sirkuit Mandalika sudah tidak dipakai sekitar dua bulan setelah ajang WSBK. Ditambah ada pengerjaan tribun dan pembangunan jalan bypass di sekitar sirkuitnya, membuat debu dan kotoran menempel di pori-pori lintasan.

Pekerja Sirkuit Mandalika

Photo :
  • twitter.com/MotoGP
Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Kondisi seperti itu membuat Razlan bercerita dirinya ingat ketika pertama kali Sepang menggelar kejuaraan dunia, jadi pria Malaysia ini menganggap bahwa wajar jika sirkuit baru masih memiliki kekurangan.

"Berada di Sirkuit Mandalika saya jadi ingat ketika Sepang pertama kali diresmikan pada tahun 1999, setiap sirkuit baru memiliki masalah yang baru," bilang Razali dikutip VIVA Otomotif dari Speedweek, Minggu 20 Februari 2022.

Kini sirkuit yang didesain oleh Hermann Tilke merupakan lintasan yang menjadi langganan MotoGP, meskipun tahun lalu gagal menggelar MotoGP lantaran Corona.

Karakter Sirkuit Sepang memang disukai banyak pembalap, sama seperti Mandalika karena Razali mengakui suasana Sirkuit Mandalika sudah memiliki impresi yang positif.

"jadi ketika kami berada di sana untuk pengujian, saya sudah bisa merasakan getaran, kegembiraan, rasa ingin tahu, dan keramahan penduduk pulau," ungkap dia

Ibarat rumah baru, sirkuit baru ini pun punya masalah yang harus dibenahi. Tapi Razali tak bisa membayangkan bagaimana pihak panitia lokal di Mandalika membenahi sirkuit, sebab MotoGP akan berlangsung kurang dari satu bulan lagi.

"Bulan depan balapan akan dimulai di Sirkuit Mandalika, saya tidak dapat membayangkan semua kekacauan, tetapi akan menjadi luar biasa bagi Indonesia yang memiliki semua dukungan yang tepat terutama dari Pemerintah. Sama seperti kita saat pertama kali memulai. Saya berharap yang terbaik untuk manajemen dan promotor GP Mandalika. Anda selalu memiliki kami dari Malaysia, untuk bisa membantu," tambah dia.

Merespons keluhan para pembalap MotoGP, berbagai pihak dari mulai FIM, Dorna, dan ITDC akan membenahi Sirkuit Mandalika. PT PP sebagai pihak kontraktor yang membangun lintasan utama Sirkuit Mandalika, menjamin proses pengaspalan ulang ini selesai pada 10 Maret 2022 atau seminggu sebelum pelaksanaan MotoGP Mandalika yang dijadwalkan pada 18-20 Maret 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya